Cara Merawat Motor yang Digunakan untuk Ojek Online, Lengah Sedikit Bisa Turun Mesin

Aci
Senin 28 Agustus 2023, 18:40 WIB
Perawatan yang Wajib Dilakukan Untuk Motor Kamu  (Sumber : freepik)

Perawatan yang Wajib Dilakukan Untuk Motor Kamu (Sumber : freepik)

LABVIRAL.COM - Sepeda motor merupakan kendaraan yang paling umum digunakan, dalam menunjang kebutuhan berkendara sehari-hari.

Banyak orang menggunakan sepeda motor untuk mengais rezeki, salah satunya ojek online. Untuk itu, motor yang digunakan harus tetap prima dan aman saat dikendarai. 

Menjaga agar motor tetap prima, terdapat perawatan wajib yang harus dilakukan. Apa saja perawatan tersebut, berikut Labviral.com jelaskan beberapa perawatan wajib untuk motor kesayangan kamu agar selalu dalam kondisi prima. Yuk disimak!

Baca Juga: Deretan Motor Yamaha Bekas yang Populer di 2023

1. Rutin ganti oli motor 

Oli merupakan salah satu komponen yang memiliki peran penting untuk kinerja motor, agar tetap prima. Untuk itu penting untuk rutin menjaga kebersihan oli. 

Oli motor menjaga mesin kendaraan agar selalu dalam keadaan bersih. Karena sering kali terjadi gesekan pada mesin yang memicu munculnya kotoran, maka oli yang tetap bagus kondisinya sangat diperlukan. 

Pastikan kamu rutin mengganti oli setidaknya 2 minggu sekali atau setiap 500 km agar mesin tetap awet. 

2. Menjaga kondisi ban

Ban juga merupakan komponen yang tak kalah penting dari sepeda motor, karena benda inilah yang langsung bergesekan dengan medan jalanan saat kamu berkendara. Karenanya pastikan untuk selalu menjaga kondisi ban tetap prima sebelum kamu menggunakan sepeda motor.

Sesuaikan tekanan angin ban, jangan terlalu keras agar tidak mudah meletus dan juga tidak terlalu kempes agar ban tidak mudah benjol. Periksa juga ketebalan permukaan ban, jika tonjolan Thread Wire Indicator mulai menipis segeralah untuk menggantinya dengan yang baru. 

Baca Juga: Deretan Motor Honda Bekas yang Tengah Populer di 2023

3. Cek kondisi aki 

Aki motor adalah jantungnya kendaraan. Dia adalah pusat terpenting yang mengalirkan listrik pada seluruh komponen motor, karenanya selalu pastikan kamu mengecek kondisi aki apakah masih sehat atau sudah harus diservis dan diganti. 

Jangan sampai di tengah perjalanan, aki motor kamu soak dan motor jadi tidak bisa dipergunakan. Cara paling mudah mengecek aki motor adalah dengan diraba langsung menggunakan tangan. 

Aki yang soak biasanya permukaan atau casing aki akan terasa menonjol. Ini biasanya disebabkan karena panas yang disebabkan oleh elektrolit yang ada di dalam aki. Cara lain yang lebih akurat adalah menggunakan volt meter untuk mengetahui voltase pada aki, biasanya aki normal memiliki 12,4 volt. Jika setelah diukur aki kurang dari angka tersebut, sebaiknya segera ganti aki motor kamu. 

Baca Juga: Viral Knalpot Motor Meledak-ledak saat Di Kick Starter, Ini Penyebabnya

4. Rutin tune up sepeda motor 

Jangan hanya rutin memakai sepeda motor saja, kamu juga harus rutin melakukan tune up sepeda motor agar kendaraan kesayangan kamu senantiasa sehat terjaga. Pilih bengkel resmi yang terpercaya untuk melakukan tune up atau servis berkala.**

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini