Mesin Mitsubishi XForce Sama dengan Xpander? Begini Penjelasannya

Aci
Senin 04 September 2023, 15:44 WIB
Mesin Mitsubishi XForce Sama dengan Xpander? Begini Penjelasannya (FOTO: Labviral.com/Ica Juniyanti)

Mesin Mitsubishi XForce Sama dengan Xpander? Begini Penjelasannya (FOTO: Labviral.com/Ica Juniyanti)

LABVIRAL.COM - Mitsubishi Xforce resmi diluncurkan pada GIIAS 2023 Agustus lalu. Sejak peluncurannya, mobil mini SUV satu ini berhasil mencuri banyak perhatian. Salah satunya karena Mitsubishi XPander dan XForce menggunakan platform, mesin dan transmisi yang sama.

Menanggapi hal tersebut, Hikaru Mii, Director of Product Strategy Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), menjelaskan bahwa XForce memang dikembangkan berdasarkan 'DNA' Xpander, yang merupakan produk low MPV.

Ia mengatakan bahwa hal tersebut karena perusahaan ingin mengulang kembali jejak XPander melalui XForce yang dinilai berhasil mendapat respons positif dari masyarakat.

Baca Juga: Sekelas dengan Honda HR-V sampai dengan Hyundai Creta, Apa Kelebihan Mitsubishi XForce?

"Kenapa kami menggunakan platform dan powertrain yang sama dengan XPander? Karena kami fokus pada pasar penjualan, dan XPander punya reputasi yang bagus di negara Asia terutama di Indonesia. Jadi, tidak perlu diragukan untuk memanfaatkan platform XPander untuk model selanjutnya," kata Nagaoka.

Kendati demikian, tetap saja mesin XForce dan XPander memiliki perbedaan yaitu pada dimensi XPander memiliki panjang 4.595 mm, lebar 1.750 mm, dan tinggi 1.750 mm. Khusus varian GLS, tingginya hanya 1.730 mm.

Sementara, XForce dirancang dengan panjang 4.390 mm, lebar 1.810 mm, tinggi 1.660 mm, dan ground clearance 222 mm.

Baca Juga: Skema Kredit Mobil Mitsubishi XForce, Mulai dari DP Hingga Cicilan Per Bulannya, Mampu Gak Bos?

Kemudian dapur pacu yang dipakai adalah mesin bensin kode 4A91 dengan kubikasi 1.499 cc. Mesin XPander dapat melepas tenaga 103,2 hp pada 6.000 rpm dan torsi nya 141 nm pada 4.000 rpm. Besaran tenaga dan torsi tersebut sama persis seperti pada mesin XForce.

Mesin tersebut dipadukan transmisi CVT untuk menghantarkan tenaga dan torsi ke roda depan.

Lebih lanjut, Nagaoka mengatakan bahwa jeroan mesin dan transmisi CVT pada XForce telah mengalami penyesuaian untuk mengakomodir kebutuhan sebuah SUV.

Baca Juga: Melihat Jeroan Serta Spesifikasi dan Harga Mitsubishi XForce, Si Tampan yang Baru Lahir

"XPander sebenarnya diluncurkan 2017, jadi butuh waktu untuk kami melakukan improvisasi di beberapa bagian. Selanjutnya, mesin dan transmisi CVT memang sama dengan XPander, namun engine sangat berbeda terutama di puncak torsi, dan akan sangat berguna di perkotaan. Lalu CVT perubahan pada pattern transmisi agar bisa memberikan driving feeling yang bisa memberikan pengalaman mengemudi SUV," ucap dia.

Ia juga mengatakan bahwa XForce memakai suspensi berbeda dari XPander, serta ukuran ban lebih besar.

"Untuk membuat SUV yang kokoh, kami juga mengubah suspensi depan dan belakang serta ukuran ban lebih besar agar lebih kokoh. Jadi hal itu sangat berbeda dengan platform XPander. Apalagi faktanya platform XPander itu memang sangat bagus jadi tidak banyak yang perlu diubah atau ditingkatkan lagi," tutur Nagaoka.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini