Cara Rahasia Membuat Kampas Ganda Motor Matic lebih Awet

Yowan R
Rabu 13 September 2023, 18:10 WIB
Ilustrasi kampas ganda motor matic (Sumber : shopee.co.id)

Ilustrasi kampas ganda motor matic (Sumber : shopee.co.id)

LABVIRAL.COM - Kampas ganda pada sepeda motor matic merupakan salah satu komponen pada CVT motor matic dan berperan penting agar daya dari mesin dapat disalurkan secara dengan baik ke roda belakang.

Tapi perlu diingat bagi semua pemilik sepeda motor matic, jika kampas ganda motor matic bisa rusak atau aus seiring dengan pemakaiannya. Salah satu hal yang mempengaruhi kampas ganda motor matic lebih cepat rusak atau aus adalah kebiasaan berkendara.

Saat kampas ganda motor matic aus, maka motor akan terasa gredek saat dikendarai dan kurang bertenaga.

Nah, agar kampas ganda motor matic lebih awet ada beberapa hal yang dapat dilakukan. Salah satunya adalah dengan meninggalkan kebiasaan yang dapat merusak kampas ganda motor matic.

Kebiasaan ini seperti, membuka gas sembari menahan tuas rem. Umumnya kebiasaan ini dilakukan pada saat pengendara motor menghadapi kemacetan atau jalan tanjakan tanpa disadari kebiasaan sederhana ini dapat menyebabkan kerusakan pada kampas ganda motor matic.

Membuka gas sembari menahan tuas rem akan membuat kampas ganda motor matic lebih cepat gosong dan aus. Karena kampas ganda dan rumah kampas ganda akan bergesekan secara terus menerus, sehingga kampas ganda menjadi cepat panas.

Selain menghindari kebiasaan seperti yang dituliskan diatas, agar kampas ganda motor matic dapat lebih awet, kamu juga bisa melakukannya dengan melakukan servis CVT secara berkala.

Servis CVT secara berkala akan membantu untuk membersihkan kotoran dan grease yang menempel di sekitar tapak kampas dan rumah kampas ganda. Sebab, grease yang menempel pada komponen tersebut dapat menyebabkan kampas ganda menjadi licin dan meningkatkan risiko kampas ganda slip.

Dengan menjaga kebersihan dan kondisi CVT, otomatis kampas ganda akan menjadi lebih awet.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait
Tech

Mengenal Kampas Ganda Sepeda Motor Matic

Minggu 26 Maret 2023, 04:46 WIB
Mengenal Kampas Ganda Sepeda Motor Matic
Berita Terkini