Apakah Ada Batas Maksimal Jumlah Tambalan Ban Motor Tubeless dan Tube Type?

Yowan R
Sabtu 16 September 2023, 20:10 WIB
Ilustrasi tambalan pada ban tubeless sepeda motor yang beredekatan (Sumber : youtube/GARASI BAN BEKASI)

Ilustrasi tambalan pada ban tubeless sepeda motor yang beredekatan (Sumber : youtube/GARASI BAN BEKASI)

LABVIRAL.COM - Saat ban sepeda motor bocor di jalan, solusi terbaik untuk mengatasinya tentu saja dengan cara ditambal. Baik itu ban tube type ataupun ban tubeless jika bocor dijalan, mau tidak mau kamu harus menambalnya agar motor bisa digunakan untuk melanjutkan perjalanan.

Meski demikian untuk ban motor tubeless dan tubetype sendiri ada batas maksimal jumlah tambalan saat mengalami kebocoran.

Lalu, berapa sih sebenarnya untuk batas maksimal tambalan pada ban tubeless dan ban tube type di sepeda motor?

Untuk batas maksimal tambalan pada ban motor tipe tubeless ini adalah 5 kali tambalan dengan catatan jarak antara tambalan ban tidak saling berdekatan.

Sebab, lubang tambalan pada ban tubeless yang saling berdekatan ini bisa merusak struktur ban. Jika ban tubeless ini sudah bocor sebanyak 5 kali dengan jarak yang berjauhan atau hanya bocor 2 kali tapi jaraknya berdekatan, pastikan harus segera diganti bannya dengan ban baru, hal ini perlu dilakukan demi keselamatan berkendara.

Sementara itu, untuk ban motor jenis tube type yang menggunakan ban dalam batas maksimal tambalannya adalah tidak lebih dari empat tambalan. Sebab, ban dalam yang sudah memiliki jumlah tambalan lebih dari empat, konstruksi bannya akan berubah. Sehingga kekuatan ban dalam menahan angin menjadi berkurang.

Selain dari jumlah tambalannya, jarak antara tambalan ban juga disarankan untuk tidak boleh kurang dari 20 cm. Karena, ban dalam sepeda motor yang tambalannya memiliki jarak kurang dari 20 cm kekuatan ban dalam akan berkurang drastis. Sehingga, ban dalam harus segera diganti dengan yang baru.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait
Tech

Kelebihan Ban Tubeless Dibanding Ban Tube Type

Jumat 15 September 2023, 11:08 WIB
Kelebihan Ban Tubeless Dibanding Ban Tube Type
Berita Terkini