Lagi Mengkhawatirkan! 6 Langkah Mengurangi Paparan Polusi Udara di Dalam Mobil

Annisa Fadhilah
Rabu 20 September 2023, 19:58 WIB
Lagi Mengkhawatirkan! 6 Langkah Mengurangi Paparan Polusi Udara di Dalam Mobil (FOTO: Unsplash/Adrian Pranata)

Lagi Mengkhawatirkan! 6 Langkah Mengurangi Paparan Polusi Udara di Dalam Mobil (FOTO: Unsplash/Adrian Pranata)

LABVIRAL.COM - Tidak sedikit orang yang berpikir bahwa mereka aman dari polusi udara ketika berada di dalam mobil. Namun, kenyataannya, polusi udara di dalam mobil tidak kalah berbahaya dibandingkan dengan polusi udara di luar kendaraan.

Polusi udara di dalam mobil dapat berasal dari berbagai sumber, termasuk bahan kimia yang terdapat pada komponen interior kendaraan, emisi asap dari kendaraan lain di jalan, serta polusi udara dari luar yang masuk melalui jendela atau sistem ventilasi kendaraan.

Paparan terhadap polusi udara ini sangat berpotensi merusak kesehatan, termasuk menyebabkan masalah seperti sesak napas, iritasi mata, dan gangguan pernapasan.

Baca Juga: Spesifikasi dan Harga Honda Air Blade 160 yang Bikin Yamaha Aerox 155 Ketar Ketir!

Bahkan, paparan terus-menerus dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit serius seperti penyakit jantung, kerusakan saraf, dan bahkan kanker.

Meskipun kamu tidak selalu dapat menghindari paparan polusi udara di dalam kendaraan sepenuhnya, ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk mengurangi risiko paparan ketika sedang berkendara di dalam mobil:

Hindari berkendara saat lalu lintas padat

Polusi udara di dalam mobil dapat lebih tinggi saat terjebak dalam kemacetan, karena emisi karbon dari kendaraan sekitar dapat lebih mudah masuk ke dalam mobil.

Baca Juga: Tips Ampuh Memilih Ban Motor yang Cocok untuk Musim Hujan, Dijamin Anti Licin

Oleh karena itu, disarankan untuk menghindari perjalanan pada jam-jam sibuk. Jika tidak bisa dihindari, pastikan untuk menutup jendela dan selalu mempertahankan jarak aman dengan kendaraan di depan.

Buka atau tutup jendela dengan tepat

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini