Sejarah Baru! Esports World Cup 2024 Siap Digelar di Arab Saudi

Hadi Mulyono
Selasa 24 Oktober 2023, 16:15 WIB
Esports World Cup 2024 (Sumber : https://www.channelnewsasia.com/)

Esports World Cup 2024 (Sumber : https://www.channelnewsasia.com/)

LABVIRAL.COM - Arab Saudi mungkin selama ini dikenal sebagai sebuah negara yang hanya fokus memperhatikan ibadah-ibadah umat Islam. Namun faktanya, negara tersebut kini mulai gencar merambah ke sektor lain mulai dari pariwisata hingga game.

Kekinian, Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman mengumumkan peluncuran Esports World Cup 2024 yang akan diadakan setiap tahun di Riyadh mulai musim panas tahun depan.

Penasaran kan mengapa Arab Saudi gencar melirik sektor-sektor hiburan? Langsung saja simak penjelasan selengkapnya di bawah ini ya.

Baca Juga: Gameplay Avatar: Frontiers of Pandora Siap Hadir Akhir Bulan Oktober 2023

Misi Arab Saudi

Esports World Cup 2024 disebut-sebut akan menjadi acara global terbesar, sekaligus berfungsi sebagai platform yang mendukung sektor game dan esports. Selain itu, acara ini bertujuan untuk mengkonsolidasikan posisi Arab Saudi sebagai pusat esports internasional.

Melansir Arab News, peluncuran turnamen ini diharapkan dapat mewujudkan tujuan yang diimpikan dalam Saudi Arabia’s National Gaming and Esports Strategy (Strategi Permainan dan Esports Nasional Arab Saudi).

Harapannya, negara bisa mendapatkan peningkatan kontribusi sektor ini terhadap produk domestik bruto Kerajaan sebesar lebih dari SR50 miliar ($13,3 miliar) pada tahun 2030 dan menciptakan 39.000 peluang kerja baru.

Sektor esports sendiri dianggap sangat penting bagi Arab Saudi, karena Kerajaan tersebut terus melakukan diversifikasi ekonomi sejalan dengan tujuan yang digariskan dalam Visi 2030. Selain itu, acara esports tahunan ini juga diharapkan dapat meningkatkan arus masuk wisatawan ke Kerajaan.

Esports World Cup 2024 nantinya bakal menampilkan beberapa game populer dari berbagai genre, dan akan menawarkan kumpulan hadiah terbesar bagi para pemenang yang pernah ditawarkan dalam sejarah esports. Selain itu, acara tersebut akan dilengkapi dengan beragam rangkaian kegiatan dan acara bagi masyarakat yang mengunjungi acara tersebut.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini