Naik Motor Saat Musim Hujan, Pastikan 3 Alat Ini Kamu Bawa

Aci
Senin 20 Maret 2023, 15:01 WIB
Ilustrasi pengendara sepeda motor yang menggunakan jas hujan beserta pemboncengnya (Sumber : pixabay.com)

Ilustrasi pengendara sepeda motor yang menggunakan jas hujan beserta pemboncengnya (Sumber : pixabay.com)

LABVIRAL.COM - Untuk mendukung aktivitas sehari-hari seperti ke kantor, kampus sampai dengan ke pasar, motor adalah kendaraan yang paling tepat untuk digunakan.

Meskipun demikian, menggunakan sepeda motor saat musim hujan cukup mengkhawatirkan. Sebab saat musim hujan, beberapa hal terasa menyulitkan mulai dari jalanan yang licin sampai dengan basah kuyup bisa saja kamu alami.

Tapi jangan khawatir, jika kamu pengguna sepeda motor, sebaiknya saat musim hujan kamu harus mempersiapkan beberapa perlengkapan tambahan demi keamananmu.

Adapun beberapa perlengkapan yang wajib disiapkan saat musim hujan tiba, untuk kamu si pengendara sepeda motor:

Baca Juga: Musim Hujan Tiba! Rawat Rem Cakram Untuk Keselamatan

1 steel jas hujan

Saat musim hujan, jas hujan menjadi barang penting yang harus selalu ada di bagasi motor kamu. Hindari pemakaian jas hujan jenis ponco, karena jas hujan model tersebut berbahaya. Untuk itu, kamu disarankan menggunakan jas hujan satu steel celana dan baju.

Baca Juga: Tips Merawat Helm Saat Musim Hujan, Anti Bau!

Jas hujan sepatu

Jas hujan sepatu atau yang dikenal dengan shoes raincoat, sangat berguna untuk melindungi sepatumu agar tetap kering meski berkendara dalam keadaan hujan.

Sarung tangan

Saat musim hujan, gunakan sarung tangan dengan daya serap air yang bagus. Sarung tangan yang miliki daya serap air yang bagus akan memberikan kenyamanan saat dipakai dan tidak licin saat harus menarik tuas gas.

Baca Juga: Wajib! Demi Keamanan Perhatikan Sistem Kelistrikan Mobil Saat Musim Hujan Datang

Nah, itu dia beberapa alat yang wajib kamu siapkan saat berkendara dengan sepeda motor saat musim hujan. Perlu kamu ketahui, memiliki barang-barang di atas bukan berarti kamu bebas menerobos hujan deras dengan sepeda motor, ya.

Seperti yang dijelaskan oleh  Demmy Firmansyah, Promotion Department Head PT Daya Adicipta Motora (DAM) bahwa pentingnya perlengkapan yang menopang keselamatan berkendara saat musim hujan tiba.

Baca Juga: Wajib! Demi Keamanan Perhatikan Sistem Kelistrikan Mobil Saat Musim Hujan Datang

“Beberapa perlengkapan tambahan itu penting saat musim hujan, tetapi perlengkapan tersebut juga tidak menjadi alasan kamu untuk tidak berteduh saat hujan deras. Jika hujan dengan intensitas yang terlalu besar dan mengurangi visibilitas kita dalam berkendara, maka sebaiknya kita meneduh di tempat yang lebih aman dan menunggu hingga hujan lebih reda,” ujar Demmy.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini