Motor Listrik Boleh Digunakan Saat Hujan, Asal Tahu Batasannya !

Aci
Sabtu 25 Maret 2023, 11:17 WIB
Motor listrik Rakata NX8 (Sumber : Labviral.com/Ica  Juniyanti)

Motor listrik Rakata NX8 (Sumber : Labviral.com/Ica Juniyanti)

LABVIRAL.COM - Pastinya banyak dari Anda yang bertanya-tanya, sebenarnya motor listrik boleh digunakan saat hujan atau tidak! Jawabannya tentu saja boleh, karena pihak produsen sendiri, sudah membuat berbagai macam komponen atau juga aneka macam part motor listrik yang kedap air.

Berikut ini adalah beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan ketika Anda akan menggunakan motor listrik pada saat kondisi sedang hujan, antara lain:

1. Kondisi motor

Pada dasarnya kenapa motor listrik boleh digunakan saat hujan, lantaran pihak produsen sudah membuat berbagai macam komponen dan juga part motor listrik kedap air. Salah satunya adalah baterai motor listrik itu sendiri, dimana ini adalah salah satu komponen penting untuk menyimpan daya.

Selain itu ada juga komponen listrik lainnya, seperti controller dan Battery Management System (BMS) yang sudah dibuat secara waterproof. Yang membuat motor tersebut jadi aman untuk digunakan ketika hujan.

Baca Juga: Tips Ampuh Bikin Baterai Motor Listrik Usia Pakainya Makin Panjang

2. Kondisi genangan air saat banjir

Sama seperti motor bensin umumnya, ketika hujan turun, Anda sebaiknya menghindari genangan air, atau dalam hal ini banjir. Walaupun sudah kedap air, sebaiknya jangan memaksakan motor untuk memasuki genangan air yang tinggi, karena dapat menyebabkan konsleting.

Adapun tinggi maksimal untuk motor listrik melintasi genangan air ketika banjir adalah, bagian dek kaki. Karena pada bagian tersebut, biasanya terdapat terminal baterai, yang rawan konsleting.  

Baca Juga: Motor Listrik Sport Rakata NVX8 Nih, Senggol Dong!

3. Anda yang tinggal di kawasan rawan banjir  

Bagi Anda yang tinggal di kawasan rawan banjir, ada baiknya jika melepas soket power atau baterai.

Sedikit tips tambahan, ketika melakukan charging baterai, sebaiknya ambil di daerah yang kering, guna menghindari konsleting.   

4. Tutup bagian port charger

Agar motor listrik boleh digunakan saat hujan, Anda juga harus menutup beberapa port yang ada di beberapa bagian motor listrik. Adapun port yang dimaksud antara lain port charger USB yang ada di stang motor listrik, dan berikutnya adalah port charger (port untuk mengisi baterai motor listrik). Pastikan agar tutup port atau soket tersebut tertutup rapat.

Lalu apa yang harus Anda lakukan ketika motor listrik kehujanan,  pastinya akan ada perawatan lanjutan, untuk mencegah hal yang tidak diinginkan pada motor tersebut.

Baca Juga: Ini Piaggio Ape Electric, Motor Listrik Roda 3 dari Piaggio, Apa Kerennya Ya?

  1. Langkah pertama adalah dengan mematikan sekring atau juga MCB, agar arus listrik tidak terputus. Hal tersebut sengaja dilakukan, agar proses pengeringan aneka perangkat elektrik, dalam kondisi aman.
  2. Berikutnya lepas bagian soket baterai, untuk mencegah konsleting pada baterai tersebut.
  3. Jangan lupa untuk mengeringkan berbagai komponen lainnya, hingga bagian terkecil.
  4. Terakhir beri pelumas, pada bagian penting, terutama pada bagian yang sering terkena gesekan, dan bagian yang rawan terkena karat.

Jadi demikianlah beberapa sebab motor listrik boleh digunakan saat hujan dan bagaimana cara merawat motor listrik yang sudah digunakan hujan hujanan.  

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini