Penjelasan Garda Oto Soal Ojol dan Taksi Online yang Gak Bisa Klaim Asuransi

Aci
Sabtu 25 Maret 2023, 12:10 WIB
Secara umum, asuransi mobil dibagi menjadi dua jenis, yakni asuransi Total Loss Only (TLO) dan asuransi All Risk (gabungan/comprehensive)

Secara umum, asuransi mobil dibagi menjadi dua jenis, yakni asuransi Total Loss Only (TLO) dan asuransi All Risk (gabungan/comprehensive)

LABVIRAL.COM - Memiliki asuransi kendaraan akan membuat kamu merasa jauh lebih tenang. Karena jika kendaraanmu memiliki asuransi, kamu akan mempunyai jaminan. Terutama, jaminan perbaikan apabila terjadi kerusakan yang disebabkan oleh berbagai alasan.

Tapi sebelum itu, perlu kamu ketahui bahwa dalam urusan mengklaim asuransi kendaraan, tidak bisa dilakukan sembarangan. Karena jika salah-salah, bukannya diganti malah diabaikan. Alhasil, kendaraan kamu tetap rusak.

Baca Juga: Sebelum Menggunakan Asuransi Mobil, Yuk Simak Tips Cara Memilih Asuransi Mobil Terbaik

Kamu pasti pernah mendengar, kasus orang yang ditolak pada saat mengurus klaim asuransi kendaraan. Tentu saja itu tidak mengenakan, bukan? Sudah merasa tenang, ternyata malah dapat penolakan.

Seperti yang dijelaskan oleh Wirawan Prasetyo, Retail Technical Analyst Asuransi Astra dalam acara "Kupas tuntas keep up whit Insurance share and talk Asuransi Astra x Forwot", yang diikuti Labviral.com.

Wirang menjelaskan terkait beberapa hal yang dapat menyebabkan klaim asuransi tidak dapat dicairkan atau tidak bisa digunakan. Salah satunya adalah kendaraan yang digunakan untuk kendaraan komersial online? 

Baca Juga: Pentingnya Asuransi Kendaraan, Ketahui Dulu Sebelum Nyesel Nombok Sendiri!

Hah, kok bisa?

Diketahui bahwa jika sebelumnya kendaraan baik mobil ataupun motor saat didaftarkan kepada pihak asuransi merupakan kendaraan pribadi untuk menunjang aktivitas sehari-hari, bukan kendaraan usaha seperti ojol. Maka jika suatu saat pemilik kendaraan menggunakan kendaraannya sebagi Ojol atau taksi online lalu mengalami musibah, klaim asuransinya tak dapat diterima.

Itu karena pada perjanjian awal, kendaraan tersebut merupakan kendaraan pribadi, bukan kendaraan usaha atau niaga.

"Klaim tidak bisa digunakan untuk kendaraan yang dijadikan driver online, jika pada perjanjian awal dalam polis mobil tersebut milik pribadi dimana hanya untuk menunjang aktivitas sehari-hari, bukan untuk jasa, tetapi ternyata digunakan untuk usaha. Maka, polis tidak akan bertanggung jawab," jelas Wirang pada acara pagi itu di Gedung Astra Center BSD Kota Tangerang Selatan Banten.

Baca Juga: Ini Manfaat & Perbedaan Asuransi TLO dan Asuransi All Risk, Ketahui Dulu Sebelum Pilih Asuransi Mobil

Selain hal tersebut, terdapat pula beberapa hal yang bisa menyebabkan klaim asuransi tidak berfungsi, diantaranya:

• Kendaraan yang digunakan untuk menarik, atau menderek kendaraan lain.

• Kendaraan digunakan untuk latihan  mengemudi

• Kendaraan yang digunakan untuk pawai

• Perbuatan jahat yang dilakukan  saudara, karena hal ini dapat menimbulkan perspektif indikasi kerusakan yang dibuat sengaja.

• Penggelapan, penipuan hipnotis.

• Kendaraan kelebihan muatan.

• Barang yang dibawa membawa kerusakan.

• Pengemudi tidak memiliki SIM atau SIM tidak sesuai atau tidak berlaku.

• Pengemudi kecelakaan karena pengaruh obat obatan atau minuman beralkhol.

• Melanggar peraturan lalu lintas.

Nah selain itu, apakah kamu tahu bahwa aksesoris mobil juga bisa diasuransikan? Ya, untuk Asuransi Akeseoris, kamu dapat mengklaim aksesoris mobil dengan membuat  perjanjian polis untuk dapat menjamin aksesoris yang terdapat pada kendaraanmu.

Baca Juga: 4 Cara Mudah Klaim Asuransi Agar Tidak Ditolak Ketika Mobil Rusak Karena Kecelakaan

Di Indonesia sendiri, banyak penyedia asuransi kendaraan, salah satunya Garda Oto. Garda Oto sendiri merupakan salah satu produk dari Asuransi Astra Buana yang diluncurkan pada tahun 1995 yang bertujuan untuk memberikan perlindungan secara menyeluruh terhadap mobil dan motor, yang dilindungi dengan asuransi all total loss only dan asuransi all risk yang ditawarkan.

Adapun salah satu pelayanan yang cukup menarik terikait Asuransi Garda Oto, yaitu Garda Akses. Ini adalah pelayanan call center yang siap sedia selama 24 jam nonstop sehingga pelayanan dapat diberikan pada jam berapapun. Selain itu, kamu juga dapat mengklaim Asuransi hanya dengan melalui hp lewat aplikasi garda mobile.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini