Deretan Kendaraan Listrik dan Hybrid yang Diproduksi di Indonesia, Apa Saja?

Ananta
Sabtu 25 Maret 2023, 16:44 WIB
Hyundai IONIQ 5 adalah salah satu kendaraan listrik yang diproduksi di Indonesia. (Sumber : RODANESIA.COM/Wulandari Astiani)

Hyundai IONIQ 5 adalah salah satu kendaraan listrik yang diproduksi di Indonesia. (Sumber : RODANESIA.COM/Wulandari Astiani)

LABVIRAL.COM - Mengikuti tren kendaraan listrik, banyak produsen otomotif baik roda empat atau pun roda dua yang memproduksi kendaraan bertenaga listrik. Bahkan, tak sedikit dari pabrikan tersebut yang memproduksi kendaraan listrik maupun hybrid mereka di dalam negeri, seperti sepeda motor Gesits hingga mobil listrik Hyundai Ioniq 5.

Dengan semakin banyaknya kendaraan listrik dan hybrid yang diproduksi di Indonesia, tentu akan menguntungkan konsumen. Sebab, nantinya kendaraan-kendaraan ramah lingkungan tersebut bisa memperoleh insentif dari Pemerintah sehingga harganya akan lebih terjangkau.

Apa saja kendaraan hybrid dan listrik yang diproduksi di dalam negeri? Berikut sederet kendaraan elektrifikasi baik mobil maupun sepeda motor yang telah dan akan diproduksi di Indonesia.

1. Wuling Air ev

Wuling Motors Indonesia memproduksi mobil listrik Wuling Air EV di fasilitas pabrik mereka yang berlokasi di Greendland International Industrial Center, Deltamas, Cikarang, Jawa Barat.

Mobil berdimensi mungil yang kali pertama diperkenalkan di pasar domestik pada Agustus 2022 tersebut ditargetkan bisa diproduksi 10.000 unit per tahun di pabrik tersebut.

Baca Juga: Bisa Tempuh 400 Km Sekali Cas, Motor Listrik Ini Sekelas Moge 1.000 cc

Wuling Air EV mengusung motor listrik berdaya maksimal 30 kW. Tenaga yang dihasilkan tersebut dihantarkan melalui transmisi single reduction gear ke roda belakang.

Wuling menggunakan baterai lithium ferro-phosphate (LFP) berkapasitas 17,3 kWh untuk tipe Standard Range dengan jarak tempuh hingga 200 kilometer dan 26,7 kWh untuk tipe Long Range dapat mencakup jarak tempuh hingga 300 kilometer saat terisi penuh.

Wuling air ev dipasarkan dengan harga Rp238 juta (varian Standard Range) dan Rp295 juta (varian Long Range) untuk on-the-road Jakarta.

2. Ioniq 5

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini