Sensor Mobil Mati Tiba-tiba, Kenapa Ya?

Bonifasius Sedu Beribe
Sabtu 25 Maret 2023, 21:06 WIB
Sensor mobil terdapat perangkat infrared dan sensor gelombang ultrasonic yang akan menangkap obyek paling dekat dan memberi sinyal melalui bunyi pada monitor LCD dibagian head unit mobil

Sensor mobil terdapat perangkat infrared dan sensor gelombang ultrasonic yang akan menangkap obyek paling dekat dan memberi sinyal melalui bunyi pada monitor LCD dibagian head unit mobil

LABVIRAL.COM, Produksi mobil modern saat ini mempunyai beberapa fitur canggih untuk memudahkan pemilik kendaraan dalam mengoperasikan mobilnya.

Salah satu fitur tersebut adalah sensor mobil atau umum disebut sensor mundur. Sensor ini merupakan fitur yang sangat bermanfaat bagi pemilik kendaraan karena mampu mendeteksi obyek yang akan mendekati mobil saat melaju mundur.

Cara kerja sensor mundur adalah dengan mengirimkan sinyal kepada pengemudi untuk berhenti sebelum menabrak obyek pada bagian belakang mobil.

Baca Juga: Cara Bersihkan Ventilasi AC Mobil, Gini Nih!

Sensor mobil terdapat perangkat infrared dan sensor gelombang ultrasonic yang akan menangkap obyek paling dekat dan memberi sinyal melalui bunyi pada monitor LCD dibagian head unit mobil.

Namun, terkadang sensor mobil terdapat trouble yang tiba-tiba tidak berbunyi atau bahkan mati. Masalah ini sebenarnya memang sering terjadi, sehingga pemilik wajib tahu penyebab masalah tersebut, diantaranya adalah:

Kabel Instalasi sensor putus

Terkadang masalah sensor mobil mati adalah karena terputusnya kabel instalasi sensor sehingga meyebabkan tidak bisa digunakan.

Sensor mobil rusak

Masalah selanjutnya adalah sensor mobil yang memang sudah rusak, sehingga perlu dilakukan pergantian komponen sensor yang baru.

Baca Juga: Transmisi Mobil Matic, Ketahui Cara Cek Kesehatannya

ECU sensor rusak

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini