Tips Rawat Jok Mobil Segala Bahan, dari Kulit hingga Sintetis

Bonifasius Sedu Beribe
Minggu 26 Maret 2023, 19:31 WIB
Jok kulit sintetis jauh lebih mudah dalam perawatannya, dibandingkan dengan jok kulit

Jok kulit sintetis jauh lebih mudah dalam perawatannya, dibandingkan dengan jok kulit

LABVIRAL.COM, Menjaga kebersihan mobil, sebaiknya tidak hanya pada bagian luar saja. Tetapi, penting juga untuk diperhatikan kebersihan bagian dalam mobil atau kabin mobil.

Kebersihan mobil pada bagian luar tetap akan berkesan, tapi kebersihaan mobil pada bagian dalam akan sangat bermanfaat bagi kesehatan, kenyamanan dan keamanan.

Pada bagian kabin mobil, terdapat beberapa hal yang harus dijaga kebersihannya, salah satunya bagian jok mobil. Mengingat,  jok mobil berfungsi sebagai tempat duduk pengemudi dan penumpang maka kebersihan jok mobil dapat memberikan kenyamanan dalam berkendara. Berikut labviral.com punya tips membersihkan jok mobil dari berbagai bahan. Caranya mudah, kok!

Baca Juga: Tidak Sama! Berikut Tips Merawat Jok Mobil Sesuai Bahannya

Jok bahan fabric

Untuk membersihkan jok berbahan fabric, caranya cukup mudah, yaitu kamu bisa membersihkannya menggunakan vacum cleaner. Jok mobil dengan bahan fabric masih dapat ditemui pada mobil keluaran lama. Jika ada noda yang membandel, kamu bisa menggunakan cairan pembersih khusus dan dengan sikat halus.

Setelah itu, langsung dikeringkan menggunakan vacum cleaner agar tak menimbulkan jamur dan bau tidak sedap.

Baca Juga: Nggak Perlu Khawatir, Begini Cara Bikin Jok Motor Lamamu yang Sudah Keras Jadi Empuk Lagi

Jok bahan suede

Berbeda dengan bahan fabric, untuk jok berbahan suede, kamu bisa menggunakan suede eraser atau rubber khusus untuk menghilangkan noda pada lapisan suede pada jok. Pada umumnya, jok berbahan suede dapat ditemui pada mobil kelas premium atau sports car atau supercar. Untuk melakukan perawatan dan membersihkan jok berbahan suede, memang tidak mudah.

Kamu diharuskan menggunakan cairan pembersih khusus dan dengan sikat halus. Bersihkan secara perlahan dan sikat perlahan dengan gerakan searah. Hal itu bertujuan agar lapisan suede tidak rusak.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini