Mudik Naik Mobil, Dicek Dulu 5 Komponen Penting Ini

Bonifasius Sedu Beribe
Minggu 26 Maret 2023, 20:27 WIB
Terdapat beberapa komponen yang perlu kamu perhatikan terlebih dahulu sebelum kamu melakukan perjalanan jauh dengan mobil

Terdapat beberapa komponen yang perlu kamu perhatikan terlebih dahulu sebelum kamu melakukan perjalanan jauh dengan mobil

LABVIRAL.COM, Saat kamu hendak melakukan perjalanan jauh dengan mobil, sebaiknya lakukan terlebih dahulu beberapa pengecekan komponen. Hal tersebut dilakukan demi menjaga keamanan dan keselamatan berkendara.

Yap, terdapat beberapa komponen yang perlu kamu perhatikan terlebih dahulu sebelum kamu melakukan perjalanan jauh dengan mobil. Agar mobil kamu tetap aman, dan terhindar dari kerusakan-kerusakan kecil yang tak terduga.

Baca Juga: Daftar Rest Area Keren Semarang - Solo, Cocok Jadi Tempat Nongki Saat Mudik

Apa saja komponennya? Berikut Labviral.com jelaskan. Yuk, disimak!

Aki mobil

Aki merupakan salah satu komponen vital yang penting untuk kamu perhatikan. Aki mobil memegang peranan penting agar mobil bisa dinyalakan. Komponen ini berfungsi untuk menyimpan dan menyalurkan daya listrik ke seluruh bagian mobil. Maka, ada baiknya sebelum melakukan perjalanan jauh, pastikan dahulu kondisi aki tetap prima. 

Adapun kamu harus memperhatikan tanda-tanda gejala aki yang mulai bermasalah seperti korosi pada terminal aki atau tanda-tanda kebocoran pada cairan aki. Jika cairan aki mulai berkurang, segera lakukan perbaikan.

Sementara itu setelah mesin dinyalakan, cek juga apakah daya listrik aki mulai melemah yang gejalanya antara lain seperti mobil sulit dihidupkan, klakson tidak berbunyi atau lampu mulai redup saat dinyalakan. 

Baca Juga: Pasti, Mudik Tahun Ini Gak Ada Lagi Penyekatan dan Putar Balik

Periksa level oli

Selain aki, oli juga menjadi salah satu komponen vital. Oli berfungsi melumasi berbagai komponen mesin yang bekerja dan bergesekan agar tidak aus dan rusak saat kamu berkendara.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini