Langkah Penanganan Mobil Terbakar di Jalan Raya, Minimalisir Korban dan Kerugian!

Aci
Senin 27 Maret 2023, 15:34 WIB
Ilustrasi mobil terbakar di jalan raya (Sumber : INSTAGRAM/vincifire.media)

Ilustrasi mobil terbakar di jalan raya (Sumber : INSTAGRAM/vincifire.media)

LABVIRAL.COM - Memang, kebakaran mobil tak selalu terjadi karena sistem kelistrikan atau mesin yang terlalu panas. Benturan yang keras sehingga terjadi beberapa kerusakan pada bagian vital kendaraan juga dapat menyebabkan kebakaran.

Tentunya, siapapun tidak menginginkan musibah itu terjadi. Tapi, semua orang memiliki risiko yang sama saat berada di jalan raya. Lalu langkah apa yang harus dilakukan saat mengalami musibah mobil terbakar?

Berikut Labviral.com uraikan apa saja yang harus kamu lakukan saat mengalami musibah tersebut.

Baca Juga: Cara Atasi Kebakaran di Mobil Listrik, Jangan Pakai Fire Foam

Jangan panik!

Saat musibah apapun terjadi, kepanikan tentu saja harus dihindari. Sebab, kepanikan tak sedikitpun membawa manfaat, melainkan menambah keruh suasana, yang berujung malapetaka. Untuk itu, saat kamu menyadari mobil kamu terbakar, usahakan tetap tenan agar bisa cara yang tepat.

Menjauh dari lokasi

Mengapa kamu dilarang panik, agar kamu dapat berpikir lebih jernih. Saat kamu sadar dengan keadaan mobilmu yang terbakar, segeralah keluar dari mobil tersebut dan menjauh.

Baca Juga: Cara Tangani Bau Hangus Dalam Mobil, Picu Bahaya Kebakaran

Beri tahu orang sekitar

Saat kamu berhasil menyelamatkan diri dengan menjauh dari lokasi, wajib bagi kamu untuk memberitahu orang yang ada di sekitar untuk tidak mendekat dan memberi tahu bahwa mobil sedang terbakar, agar tak ada korban yang terkena jika tiba-tiba api membesar atau meledak. Terutama jika kamu berada di jalan raya yang padat.

Usaha pemadaman

Saat api di mobil belum terlalu besar, dan memungkinkan untuk dipadamkan, maka berusahalah untuk memadamkan api tersebut dengan air atau lap basah. Carilah alat bantu apapun yang dapat memadamkan api lebih segera. Ini tentunya tepat jika kamu melengkapi mobilmu dengan alat pemadam api ringan (APAR).

Baca Juga: Bukan Hanya Kerusakan Sistem Kelistrikan, 4 Faktor Ini Juga Bisa Picu Kebakaran Mobil

Hubungi pemadam kebakaran

Jika kamu bingung dan tidak kuasa untuk memadamkan api, memanggil pemadam adalah jalan ninja. Tetapi tetap saja mobil yang terbakar akan lebih cepat dibandingkan dengan menunggu pemadam datang. Maka, tetaplah berusaha memadamkan api sebelum pemadam datang.

Nah, itu dia hal-hal yang harus kamu lakukan jika musibah kebakaran mobil terjadi. Tentu, Labviral.com, berharap kecelakaan seperti itu tak terjadi lagi, dan tak menimpa sahabat semuanya, dimanapun kamu.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini