Arti Warna Plat Nomor Kendaraan di Indonesia, Ada yang Jarang Kelihatan

Aci
Senin 27 Maret 2023, 15:37 WIB
Ilustrasi: Ragam Pelat Nomor (Sumber : pixabay.com)

Ilustrasi: Ragam Pelat Nomor (Sumber : pixabay.com)

LABVIRAL.COM - Plat nomor merupakan suatu identitas kendaraan, juga sebagai tanda registrasi resmi identifikasi kendaraan. Ada beberapa hal yang dapat membedakan jenis plat nomor. Seperti kode pada plat nomor kendaraan, ada yang diperuntukkan untuk para pejabat sipil negara, dan masyarakat umum.

Selain warna, kode yang ada juga membedakan jenis plat nomor dan pemilik kendaraan yang digunakan di Indonesia. Lalu, apa saja warna plat nomor yang ada di jalanan Indonesia dan digunakan untuk apa?

Berikut Labviral.com jelaskan arti dari jenis warna plat nomor yang ada di Indonesia.

Baca Juga: Cara Bedakan Plat Nomor Asli atau Palsu, Jangan Tertipu!

Plat nomor hitam dengan tulisan putih

Tentu saja plat hitam sudah tidak asing lagi di mata, dengan dasar warna hitam huruf dan angka yang berwarna putih. Plat ini digunakan untuk siapa saja yang punya kendaraan pribadi.

Angka dan huruf yang tertera juga diberikan secara acak kecuali pemilik kendaraan mau merogoh kocek lebih mahal sedikit untuk memesan angka atau huruf khusus. Selain itu, terdapat beberapa pengecualian untuk penggunaan plat hitam ini.

Baca Juga: Plat Nomor Putih Diberlakukan, Gimana Plat Hitam?

Plat nomor merah dengan tulisan putih

Mobil dengan plat merah dengan tulisan berwarna putih digunakan untuk kendaraan dinas milik pemerintahan yang hanya digunakan untuk kegiatan dinas. Ada Beberapa kendaraan yang memakai pelat merah seperti mobil dinas gubernur, bupati, dan mobil pemadam kebakaran (Damkar), ambulance, dll.

Plat nomor kuning dengan tulisan hitam

Plat nomor kuning dengan tulisan hitam sama seperti plat hitam pekat berwarna kuning pasti juga tidak asing lagi di mata, karena plat kendaraan berwarna kuning digunakan untuk kendaraan-kendaraan angkutan umum, seperti taksi, angkutan perkotaan (angkot), bus, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Cara Membuat Template Email di Gmail yang Mudah Dipraktekkan

Plat nomor putih dengan tulisan merah

Pelat berwarna putih dengan tulisan berwarna merah, pelat jenis ini yang jarang ditemui atau nampak asing karena Jenis pelat ini memang jarang berada di jalan umum karena plat ini digunakan untuk nomor sementara bagi kendaraan keluaran baru. Pelat putih juga dapat diartikan sebagai Tanda Coba Kendaraan Bermotor (TCKB). Penggunaannya hanya berlaku sebelum plat asli kendaraan tersebut selesai dibuat.

Baca Juga: Cara Membuat Template Email di Gmail yang Mudah Dipraktekkan

Plat khusus

Plat khusus digunakan oleh aparat keamanan, seperti Tentara Nasional Indonesia (TNI) atau Polisi Republik Indonesia (Polri). Pada bagian plat akan terdapat logo instansi atau logo bintang. Selain itu, plat khusus memiliki beberapa warna. TNI misalnya dengan warna dasar hijau untuk TNI AD, biru untuk TNI AL, dengan angka serta huruf berwarna kuning keemasan.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini