Velg Motor, Ini Fungsi Sekaligus Penjelasannya

Andi Syafriadi
Senin 27 Maret 2023, 15:50 WIB
Illustrasi velg racing aftermarket untuk sepeda motor matic (Sumber : bukalapak.com)

Illustrasi velg racing aftermarket untuk sepeda motor matic (Sumber : bukalapak.com)

LABVIRAL.COM- Velg pada sepeda motor mempunyai beberapa fungsi. Selain memiliki fungsi utama sebagai sarana penggerak motor agar bisa berjalan maju ataupun mundur. Fungsi dari setiap velg itu tergantung dari jenisnya.

Dari jenis velg juga bisa mendeskripsikan untuk apa kebutuhannya, kegiatan sehari-hari, balapan atau bisa juga untuk modifikasi agar motor terlihat keren sesuai dengan konsepnya.

Jenis velg motor yang baik ada 2 jenis yaitu velg palang (solid wheel) atau orang-orang menyebutnya velg racing, diman velg dengan pendukungnya dibuat secara satu-kesatuan menjadi 1 unit velg. Biasanya velg ini dibuat dengan bahan logam campuran yang dicetak.

Baca Juga: Begini Cara Mengganti Lampu Utama Motor, Asal-asalan Bisa Meleleh!

Untuk jenis yang satunya lagi adalah velg jari-jari (spoke wheel). Velg dengan jenis ini merupakan velg yang paling banyak dikembangkan oleh pabrikan. Velg jari-jari memiliki jari-jari yang terbuat dari kawat logam yang kokoh dengan pola tertentu untuk menghubungkannya dengan tromol.

Velg motor racing atau solid wheel dibuat dari campuran alumunium, karbon, dan logam lainnya.

Pada awalnya campuran logam ini juga dicampur dengan magnesium, tapi karena sifatnya yg mudah terbakar, maka mag-alloy velg dilarang utk dipergunakan balapan.

Baca Juga: Menakjubkan, Sepeda Motor Matic Pertama di Indonesia Ternyata Produk Honda Tahun 1962

Velg racing ini memiliki harga yang relatif lebih mahal dibandingkan dengan velg jari-jari. Velg ini juga sangat baik utk ban tubeless, karena posisi duduk ban pada velg lebih sempurna.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini