3 Jenis Rantai Motor yang Sering Digunakan Beserta Fungsinya

Andi Syafriadi
Senin 27 Maret 2023, 15:51 WIB
Rantai Motor (Sumber : Pinterest)

Rantai Motor (Sumber : Pinterest)

LABVIRAL.COM- Supaya sepeda motor bisa berjalan dengan lancar, tak hanya dibutuhkan roda dan mesin saja sebagai komponen utamanya.

Namun, harus ada komponen yang melengkapinya untuk meneruskan putaran dari mesin menuju roda belakang.

Komponen tersebut adalah rantai. Rantai pada sepeda motor adalah komponen yang berfungsi untuk menyalurkan tenaga putar dari mesin ke roda belakang dengan perantara gir.

Penggunaan rantai pada motor ini umumnya digunakan pada motor sport dan motor bebek saja. Sedangkan untuk matic, penggunaan rantai diubah menggunakan V-Belt karena transmisinya sudah tidak menggunakan manual lagi.

Baca Juga: Penting Banget, Begini Cara Mengetahui Berapa Ampere Aki Mobil dari Kode

Fungsi Rantai

Fungsi rantai sepeda motor adalah media untuk meneruskan putaran mesin dari counter shaft transmisi ke bagian roda belakang. Rantai akan bekerja dengan memanfaatkan gir yang terletak di depan dan dibelakang.

Jenis Rantai

1. Rantai Tanpa Ring (Rantai Biasa)

Jenis pertama ini adalah jenis rantai yang tidak memiliki ring sebagai pembatas antara lempengan rantai. Karena tidak memiliki ring sebagai pembatas makan rantai akan cepat merusak mata rantainya yang tidak ada tempat pelumas untuk mengendap.

Meskipun demikian, jenis rantai ini adalah yang paling banyak digunakan oleh produsen sepeda motor. Karena, rantai jenis ini mudah dijumpai dan memiliki harga yang relatif lebih murah.

Baca Juga: Efeknya Bahaya, Ini Ciri-ciri Oli Mobil Habis

2. Rantai O-Ring

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini