3 Jenis Velg Ganteng untuk Motormu, Mari Kenali

Andi Syafriadi
Senin 27 Maret 2023, 15:53 WIB
Illustrasi Velg Motor (Sumber: Pinterest)

Illustrasi Velg Motor (Sumber: Pinterest)

LABVIRAL.COM- Sepeda motor tak akan bisa berjalan tanpa adanya velg. Setiap sepeda motor membutuhkan velg untuk pemasangan ban pada rodanya.

Karena, roda yang berbahan karet butuh tumpuan atau pegangan agar bisa tetap dalam bentuk lingkaran sempurna.

Velg pada sepeda motor memiliki 3 jenis yang berbeda. Mungkin masih banyak orang yang belum tahu 3 jenis velg ini. Masing-masing jenis velg memiliki perbedaan dan fungsi masing-masing.

Apa saja sih 3 jenis velg tersebut? Berikut ini penjelasannya.

Baca Juga: Nggak Perlu Copot Ban, Begini Cara Repaint Velg Racing Sepeda Motor

Jenis Velg Sepeda Motor

1. Velg Jari-Jari / Spoke Wheel (Velg Besi)

Velg yang satu ini merupakan jenis velg yang paling banyak digunakan pada setiap produk sepeda motor pabrikan. Velg yang terbuat dari bahan logam yang dilapisi krom ini terkenal dengan kemampuannya yang begitu kuat untuk menahan beban berat. Karena berlapis krom velg ini menjadi mudah untuk dibersihkan dan tidak mudah berkarat.

Selain harga dari velg ini yang relatif lebih murah dibandingkan dengan jenis lainnya, velg ini sangat cocok digunakan pada jalanan berlubang karena terbuat dari bahan logam sehingga tidak mudah penyok.

2. Velg Alumunium

Velg jenis ini hampir sama dengan velg besi. Karena, harus menggunakan jari-jari sebagai penghubung antara velg dengan hubnya. Karena terbuat dari bahan alumunium velg ini memiliki bobot lebih ringan dari velg besi.

Velg jenis ini sering digunakan pada drag race karena bebannya yang ringan sehingga dapat memacu akselerasi motor secara maksimal.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini