Kenapa Sih Kampas Rem Cepat Habis?

Andi Syafriadi
Selasa 28 Maret 2023, 01:32 WIB
Ilustrasi kampas rem sepeda motor (Sumber : Instagram/parboaboa)

Ilustrasi kampas rem sepeda motor (Sumber : Instagram/parboaboa)

LABVIRAL.COM- Semakin mudahnya kita dalam aktivitas berpindah dari satu tempat ke tempat lain sebab hadirnya alat transportasi. Tak lain dan tak bukan sepeda motor adalah salah satunya. Bukan berarti karena mudahnya kita melakukan transportasi dengan berkendara sepeda motor menjadi lalai dengan keselamatan.

Salah satu pendukung keselamatan berkendara sepeda motor adalah komponen dari sepeda motor itu sendiri. Salah satunya adalah rem, komponen yang satu ini wajib diperhatikan agar selalu berkendara dengan aman.

Namun, saat ini banyak sekali pengendara motor yang mengeluhkan usia komponen dari rem, yakni kampasnya. Kampas rem yang baru dipasang belum lama sudah habis dan harus diganti lagi dengan yang baru.

Berikut ini adalah penyebab kampas rem cepat habis.

Baca Juga: Tips Bikin Rem Tromol Motor Matic Jadi Lebih Pakem!

1. Kondisi Jalan

Salah satu penyebab utama kampas rem cepat habis atau aus adalah kondisi jalannya.  Hal ini memang benar adanya, sebab kondisi jalan yang semakin padat juga mengakibatkan pengendara sering melakukan pengereman agar tidak bertabrakan dengan pengendara yang lain.

Selain itu, kondisi jalan yang menanjak atau menurun juga menyebabkan kampas rem semakin cepat habis. Karena pengendara dituntut untuk melakukan pengereman terus menerus dalam kondisi jalan yang menurun.

2. Kapasitas Mesin

Kapasitas mesin juga berpengaruh pada usia pakai dari kampas rem. Semakin besar kapasitasnya maka dimensi dan bobot motor juga akan semakin besar. Hal ini berakibat pada beban pengereman yang dibutuhkan.

Jadi tidak heran jika motor dengan kapasitas mesin atau motor dengan dimensi besar kampas remnya cepat habis.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini