Begini Cara Bedakan Jok Kulit Asli dan Sintetis

Bonifasius Sedu Beribe
Selasa 28 Maret 2023, 01:21 WIB
Cara membedakan jok kulit asli dan sintetis, berikut Labviral.com jabarkan perbedaannya

Cara membedakan jok kulit asli dan sintetis, berikut Labviral.com jabarkan perbedaannya

LABVIRAL.COM, Pemilik mobil dimanjakan dengan kehadiran beragam pelapis jok yang beredar di pasaran. Dua bahan yang paling digemari adalah pelapis jok berbahan kulit dan sintetis. Sebelum memilih, ada baiknya kamu mengenal dulu cara membedakan keduanya.

Ahmad, pemilik Emirate Car Interior di Yogyakarta, mengungkapkan bahwa cara membedakan jok kulit asli dengan sintetis tidaklah sulit.

"Kulit asli dan kulit sintetis pasti memiliki perbedaan. Ada beberapa hal yang sangat mudah diamati dan dibedakan jika kita sedikit jeli," tutur Ahmad.

Baca Juga: Tips Rawat Jok Mobil Segala Bahan, dari Kulit hingga Sintetis

Menurut Ahmad, ada beberapa cara membedakan jok kulit asli dan sintetis. Berikut Labviral.com jabarkan perbedaannya:

Aroma yang berbeda

Kulit asli memiliki wangi yang lebih amis atau berbau amis kulit. Sedangkan wangi dari kulit sintetis akan tercium bau karet atau bahan campuran lainnya.

"Aroma dari kulit sintetis itu lebih ke arah bau karet, karena memang pada proses pembuatannya ada campuran menggunakan bahan karet. Sedangkan kulit asli itu akan tercium bau amis kulit yang khas," papar Ahmad.

Perbedaan tekstur

Tekstur kulit asli akan lebih kasar saat dirasakan. Kulit sintetis akan lebih lembut.

"Tekstur kulit asli itu memang aslinya kasar dan pori-porinya besar, berbeda dengan jok kulit sintetis yang teksturnya halus. Hal itu karena banyak permintaan pasar bahan jok kulit sintetis yang halus," terang Ahmad.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini