Ciri Tutup Air Radiator Rusak, Ketahui Juga Efek dan Bahayanya

Bonifasius Sedu Beribe
Selasa 28 Maret 2023, 19:08 WIB
Tutup air radiator ini memiliki beberapa komponen yaitu vacuum valve, relief valve, dan karet tutup radiator

Tutup air radiator ini memiliki beberapa komponen yaitu vacuum valve, relief valve, dan karet tutup radiator

LABVIRAL.COM, Air radiator merupakan sebuah cairan khusus yang dibuat dengan bahan tertentu yang berfungsi sebagai pendingin suhu mesin agar tidak terjadi overheating. Untuk kamu yang memiliki kendaraan, pasti tak asing lagi dengan komponen yang satu ini, bukan?

Yups, air radiator memiliki tutup yang harus kamu jaga loh!

Pasalnya, tutup air radiator ini memiliki beberapa komponen yaitu vacuum valve, relief valve, dan karet tutup radiator. Sebenarnya, fungsi utama dari tutup radiator adalah untuk menjaga tekanan ideal yang berada pada mesin kendaraan. Letaknya tentu saja di mulut radiator (mesin).

Maka dari itu, agar kamu selalu pahami kondisi kendaraanmu, berikut ini labviral.com akan memberikan kamu ciri-ciri tutup air radiator rusak dan juga penyebabnya. Yuk, check this out!

Baca Juga: Kipas Radiator Mati, Yuk Perbaiki Sendiri Aja

Karet di katup pressure valve jadi getas lalu pecah

Pressure valve adalah bagian yang fungsinya menjaga tekanan pada dalam saluran sistem pendingin supaya selalu seimbang dan tetap stabil. Jika kamu menemukan karetnya getas, pecah atau bahkan sobek, maka ciri ini bisa menandakan tutup radiator rusak.

Penyebabnya adalah tekanan dalam saluran pendingin yang terus meningkat, kemudian kekuatan tekanannya melebihi kemampuan pegas di pressure valve. Nantinya, karet pada katup ini lama kelamaan akan rusak dan aliran air akan keluar dari pressure valve.

Baca Juga: Pakai Air Biasa ke Radiator Motor, Bolehkah?

Katup vacuum valve hilang/pecah

Tutup radiator memiliki fungsi yang cukup penting, yaitu untuk mengatur pendinginan mesin. Salah satu ciri dari tutup radiator yang rusak adalah mesin terlalu panas. Penyebabnya, biasanya akibat dari patah atau pecahnya katup vacuum valve. Atau, bisa juga katupnya hilang.

Tank reservoir radiator penuh

Selanjutnya, kamu bisa periksa kondisi kerusakan pada tutup radiator dengan memantau kondisi mesin, kemudian juga cek jumlah cairan pendingin yang ada di dalamnya. Cirinya adalah ketika reservoir tank radiator penuh dengan air dari radiator.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait
Tech

Kipas Radiator Mati, Kenapa?

Minggu 26 Maret 2023, 19:24 WIB
Kipas Radiator Mati, Kenapa?
Berita Terkini