Kipas Radiator Mati, Yuk Perbaiki Sendiri Aja

Bonifasius Sedu Beribe
Selasa 28 Maret 2023, 05:25 WIB
Ilustrasi: Kipas radiator yang mati

Ilustrasi: Kipas radiator yang mati

LABVIRAL.COM, Radiator merupakan sistem pendingin untuk mesin mobil. Di dalam radiator, terdapat kipas radiator yang berfungsi untuk mengeluarkan udara panas.

Penyakit yang pada umumnya muncul pada kipas radiator ini adalah kipas yang mati. Kipas radiator yang mati membuat radiator yang berfungsi sebagai peredam panas pada mesin mobil ini kurang maksimal. Alhasil, mobil akan tetap mengalami overheat.

Saat kipas radiator mati, kamu tidak perlu langsung membawa mobilmu ke bengkel untuk mengganti atau memperbaikinya, karena kamu dapat memperbaikinya sendiri saat kamu tahu apa penyebabnya. Ada beberapa macam cara memperbaiki kipas radiator yang bisa kamu lakukan sendiri, sebagaimana yang diuraikan Labvial.com berikut ini.

Baca Juga: Kipas Radiator Mati, Kenapa?

Perbaiki fisik motor dan kipas radiator

Kerusakan yang cukup kasat mata ada pada bagian fisik. Khusus kipas radiator, ada dua hal yang harus dicek yaitu mesin atau juga kipas radiatornya. Akibat panas yang tidak bisa diturunkan, maka kipas ini bisa cepat meleleh. Apalagi, jika kamu menggunakan kipas radiator bukan dari suku cadang resmi.

Ketika bagian kipas ini ada yang meleleh, patah atau retak, akan menciptakan bunyi dari kap mesin.

Jadi jika kamu mendengarkan bunyi ini, tidak ada salahnya untuk mengecek kondisi kipas radiator. Pastikan setelah diganti yang baru, putaran kipas tidak terasa berat dan tampak normal.

Cara memperbaiki kipas radiator ini sebagian besar adalah mengganti komponen yang rusak. Karena pada sistem ini, material yang digunakan rentan rusak sehingga kamu harus rutin menggantinya.

Baca Juga: Cari Tahu! Penyabab Kipas Radiator Mati

Perbaiki sekring kipas radiator

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait
Tech

Kipas Radiator Mati, Kenapa?

Minggu 26 Maret 2023, 19:24 WIB
Kipas Radiator Mati, Kenapa?
Tech

Cari Tahu! Penyabab Kipas Radiator Mati

Senin 13 Maret 2023, 15:58 WIB
Cari Tahu! Penyabab Kipas Radiator Mati
Berita Terkini