Penyebab Pasti Motormu Brebet dan Mogok Usai Hujan-hujanan

Andi Syafriadi
Rabu 29 Maret 2023, 09:06 WIB
Illustrasi

Illustrasi

LABVIRAL.COM- Saat berkendara motor di bawah guyuran air hujan, tiba-tiba motor jadi brebet dan mogok. Hal ini sangat biasa terjadi di dunia permotoran.

Motor yang brebet dan mogok tiba-tiba ini ternyata bukan terjadi karena masalah yang serius atau juga karena mesin motor yang tidak sehat.

Biasanya, saat motor digunakan pada saat musim hujan, akan ada air yang masuk pada komponen kelistrikan pada sepeda motor.

Baca Juga: 3 Jenis Velg Ganteng untuk Motormu, Mari Kenali

Jika motor menjadi brebet tiba-tiba dan berakhir mogok bisa jadi hal ini diakibatkan karena komponen pengapian dan kelistrikannya bermasalah.

Salah satu penyebabnya terletak pada cop busi yang sudah keropos dan kemasukan air. Jadi arus listrik tidak bisa tersalurkan dengan baik menuju busi dari cop nya.

Baca Juga: Solusi Atasi Jok Motor Hasil Modifikasi yang Rembes Air

Cop busi bisa keropos karena terbuat dari bahan karet yang akan keropos jika terkena panas dan getaran dari mesin secara terus menerus.

Bukan hanya karena air hujan, cop busi juga bisa bermasalah karena embun yang berasal dari air hujan yang masuk melalui celah-celah cop busi yang yang sudah keropos dan akan mengakibatkan motor menjadi brebet dan mogok.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini