Bagasi Motor Bolehkah Dicuci?

Bonifasius Sedu Beribe
Senin 13 Maret 2023, 07:33 WIB
Apakah bagasi motor boleh dicuci? Jawabannya tidak disarankan. Sebaiknya hindari mencuci bagasi motor.

Apakah bagasi motor boleh dicuci? Jawabannya tidak disarankan. Sebaiknya hindari mencuci bagasi motor.

LABVIRAL.COM, Pada saat membersihkan motor dari kotoran, mungkin motor penuh dengan debu setelah digunakan sehari-hari, yang perlu diperhatikan oleh pemilik motor adalah untuk tidak membasuh komponen yang rentan mengalami masalah fungsi saat terkena air.

Karena itu, yuk ketahui lebih dahulu. Bagian motor mana sih yang boleh atau aman dicuci, dan bagian mana yang sebaiknya jangan sampai basah. Mulai dari yang sering kali ditanyakan adalah apakah bagasi motor boleh dicuci? Karena sering kali pemilik ingin motornya bersih maksimal. Jadi semua disiram air.

Pertama Kita bahas komponen pada motor yang tidak boleh terkena air.

Komponen pada motor yang tidak boleh terkena air

1. Busi

Busi berfungsi sebagai alat pemantik pada sistem perapian untuk mesin dapat hidup. Api sangat sensitif terhadap air. Terkena basah sedikit saja, busi tidak bisa memantikkan api pada saat menghidupkan mesin.

2. Karburator

Karburator adalah tempat mengolah udara untuk kemudian dikirim pada proses pembakaran. Agar fungsinya dapat berjalan, kondisinya harus tetap kering.

3. Kabel Kelistrikan

Kabel kelistrikan juga harus terlindung dari terkena air. Kabel yang basah, jika merambat sampai kawat listrik dapat berakibat korsleting. Bahkan kabel bisa sampai terbakar.

4. Aki

Aki juga akan terganggu fungsinya jika terkena air. Sebagai tempat menyimpan sumber listrik, upayakan aki tidak terkena air.

Bagasi Motor

Lalu bagaimana dengan bagasi motor? Apakah bagasi motor boleh dicuci? Jawabannya, ternyata bagasi juga komponen yang sebaiknya terlindung dari terkena air. Mengapa? Mengingat bagasi umumnya berdekatan dengan tangki motor.

Nah, tidak mencuci bagasi adalah untuk menjaga tangki tetap kering. Karena tangki sangat sensitif jika terkena air. Tanpa disadari air bisa menyebabkan karatan pada tangki. Lambat laut bisa keropos, akhirnya tangki mengalami bocor.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini