Keren, Toyota Kini Punya Cara Cek Keaslian Oli Pakai Hp

Aci
Kamis 30 Maret 2023, 15:26 WIB
Ilustrasi: Oli Mesin Toyota (Sumber : Toyota)

Ilustrasi: Oli Mesin Toyota (Sumber : Toyota)

LABVIRAL.COM - Pelumas mesin atau oli mesin menjadi barang penting untuk digunakan dalam menunjang performa kendaraan yang akan dipakai.

Hal tersebut lantaran peredaran oli bekas kini semakin mengkhawatirkan, di sisi lain, oli bekas juga memberikan dampak kerugian besar untuk pemilik kendaraan.

Sehingga, masyarakat perlu untuk berhati-hati dalam memilih dan mengecek keaslian oli mesin dengan tidak tergiur harga murah yang ditawarkan.

Oli bekas dan oli palsu jika sudah terlanjung digunakan, maka akan mengakibatkan dampak fatal reaksi friksi antara komponen mesin seperti piston dan dinding silinder hingga mengakibatkan mesin overheat.

Baca Juga: Spesifikasi & Harga Terbaru Mobil Hatchback Toyota, Milenial Masa Belum Punya Mobil Sih?

Bagi pemilik kendaraan, diharuskan untuk mengetahui cara mengecek oli asli dan oli palsu yang sudah beredar di pasaran.

Sebenarnya, ada beberapa cara dan langkah untuk memastikan apakah oli yang akan digunakan melumasi mesin mobil asli atau palsu.

Salah satunya adalah dengan langkah yang dihadirkan oleh Toyota Motor Oil (TMO). TMO sendiri merupakan genuine oil yang dikeluarkan oileh Toyota untuk pasar Indonesia.

Baca Juga: 5 Fitur Canggih Toyota Raize Layaknya Mobil Mewah, Ini Dia

Dan TMO, kini memiliki fitur TMO QR Anticounterfeit yang memungkinkan konsumen untuk mengecek keaslian oli yang digunakan cukup lewat smartphone.

Langkah-langkahnya sangat mudah, yakni dengan menjalankan metode 4C untuk mengenali oli asli atau palsu. Metode itu terdiri dari 'Congkel', 'Cabut, 'Copot', 'Cek'.

Langkah pertama adalah dengan mencongkel segel tutup botol TMO dan cabut penutup botol plastiknya.

Baca Juga: Pengen Punya Mobil Toyota Hatchback Terbaru? Berikut Harga dan Spesifikasi Yaris dan Agya

Langkah berikutnya, copot kepingan kertas pelindung seal alumunium TMO dan cek kode QR yang tercetak di seal alumunium tutup botol TMO.

Kemudian, setelah kode QR dipindai, pengguna akan dialihkan ke website tmo.toyota.astra.co.id. jika produk oli TMO tersebut asli, Anda akan mendapatkan informasi telah melakukan scan QR Code untuk kali pertama, yang artinya produk oli itu asli dari pabrik dan tidak pernah dibuka sebelumnya.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini