Tips Ampuh Atasi Selip Saat Berkendara di Musim Hujan

Yowan R
Senin 13 Maret 2023, 09:32 WIB
Ilustrasi pengendara sepeda motor yang berkendara ditengah hujan deras (Sumber : wahanahonda.com)

Ilustrasi pengendara sepeda motor yang berkendara ditengah hujan deras (Sumber : wahanahonda.com)

LABVIRAL.COM - Saat ini memang sudah memasuki musim penghujan. Jadi, jangan lupa untuk menyiapkan perlengkapan untuk berkendara. Salah satu perlengkapan berkendara untuk musim penghujan adalah jas hujan.

Selain menyiapkan perlengkapan untuk berkendara di musim penghujan, kamu juga perlu memiliki kemampuan berkendara yang mumpuni. Salah satunya adalah kemampuan untuk melakukan pengereman agar aman dan tidak selip.

Melakukan pengereman sepeda motor saat berkendara di musim hujan ternyata bisa menjadi suatu tantangan tersendiri bagi pengendara.

Baca Juga: Motor Terendam Banjir? Jangan Hidupkan Mesin Dulu! Lakukan 5 Hal Ini

Baca Juga: 5 Cara Praktis Motor Matic Hadapi Genangan Air Saat Musim Hujan

Jika melakukan pengereman dengan teknik yang salah, ban bisa selip dan motor bisa roboh. Hal ini disebabkan karena permukaan jalan yang licin. Untuk menjaga motor tidak roboh dan ban selip, kamu wajib memiliki teknik untuk pengereman.

Berikut ini adalah teknik yang harus kamu kuasai saat melakukan pengereman dimusim hujan. Dikutip dari situs WAHANA HONDA.

1. Menggenggam stang motor dengan kuat

Teknik pertama yang bisa kamu gunakan adalah menggenggam stang motor dengan kuat. Hal ini bertujuan untuk mencegah motor selip.

Saat menggenggam stang motor, kamu juga perlu memperhatikan postur tubuh agar bisa memberi respon terbaik saat motor yang kamu kendarai dalam posisi rawan untuk tergelincir.

2. Melepas Putaran Handle Gas

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini