Unik dan Punya Ciri khas, Begini Tren Livery Bus tahun 2023

Aci
Kamis 30 Maret 2023, 16:45 WIB
Ilustrasi bus AKAP di Indonesia (Sumber : Instagram/galery bus sumatera)

Ilustrasi bus AKAP di Indonesia (Sumber : Instagram/galery bus sumatera)

LABVIRAL.COM - Kendaraan bus selain menjadi moda transportasi yang sangat digemari bagi masyarakat Indonesia, juga menjadi kendaraan yang punya nilai astetik.

Bahkan, desain bus keluaran terbaru dan bergaya modern menjadi patokan tren setiap tahunnya, sehingga akan menambah kesan apik dan mempunyai nilai jual terhadap konsumen.

Namun, sebenarnya, bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) memiliki desain yang tampil dengan berbagai balutan livery yang menarik sesuai dengan ciri khas PO tersebut.

Baca Juga: Apa itu Body Repair Mobil? Berikut Fungsi dan Biayanya

Dalam segi tampilannya pun berbeda-beda, tergantung dari Perusahaan Otobus masing-masing. Livery juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta kendaraan besar satu ini.

Livery yang menjadi suatu ornamen, bentuk atau pola tertentu yang menempel pada bodi bus ini akan menambah kesan mewah ketika digunakan pada bus keluaran terbaru.

Namun,saat ini sudah memasuki awal tahun 2023, bagaimana dengan tren livery bus AKAP?

Baca Juga: Musim Hujan, Berikut Tips Merawat Mobil di Rumah Agar Terhindar dari Jamur

Export Manager karoseri Laksana Werry Yulianto mengatakan jika saat ini livery bus berkembang lebih modern yang mana jadi lebih simpel namun tetap tidak meninggalkan ciri khas dari PO.

“Untuk livery bus 2023, saat ini PO lebih membuat livery yang futuristik dan kesan elegan untuk menambah daya tarik dan daya jual ke pengguna bus,” kata Werry.

Akan tetapi, banyak terdapat operator yang masih eksis mempertahankan ciri khas livery Perusahaan Otobus miliknya sebagai konsistensi branding perusahaan.

Baca Juga: Sambut Elektrifikasi, Suzuki Sudah Siapkan Jimny EV

Sehingga, livery bus saat ini masih bergantung pada keinginan Perusahaan Otobus yang akan melakukan ubahan pada armadanya.

Namun, jika mengacu pada David Jethrokusumo, Direktur PT Adiputro Wirasejati mengatakan jika di Indonesia sendiri untuk livery tidak ada tren.

“Livery itu tidak ada trendnya karena livery itu identitas masing - masing PO. Jadi mereka punya masing-masing kreasi,” kata David.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini