Dilarang Pakai Sandal Jepit Saat Naik Motor!

Aci
Kamis 30 Maret 2023, 16:47 WIB
Ilustrasi pengendara motor yang menggunakan sandal jepit (Sumber : wahanahonda.com)

Ilustrasi pengendara motor yang menggunakan sandal jepit (Sumber : wahanahonda.com)

LABVIRAL.COM- Mengendarai sepeda motor hanya dengan menggunakan sandal jepit memang terasa nyaman dan sangat praktis. Tapi, perilaku tersebut justru malah berbahaya dan berisiko tinggi.

Bahkan, beredar informasi jika mengendarai sepeda motor menggunakan sandal jepit ini bisa ditilang. Sebenarnya, informasi tersebut tidaklah benar. Karena, kepolisian hanya memberikan himbauan pada pengendara motor untuk tidak menggunakan sandal jepit karena berisiko tinggi jika terjadi kecelakaan.

Jadi, jika kalian mengendarai sepeda motor dan kedapatan oleh pihak berwajib menggunakan sandal jepit, kalian tidak akan kena tilang. Hanya saja akan mendapatkan arahan dari petugas dan edukasi tentang berkendara yang aman.

Baca Juga: Apa itu Body Repair Mobil? Berikut Fungsi dan Biayanya

Lalu, kenapa sandal jepit tidak disarankan untuk digunakan para pengendara motor, apa saja hal negatif dari menggunakan sandal jepit bagi pengendara motor?

1. Risiko Luka Bakar

Pengendara sepeda motor yang menggunakan sandal jepit akan memiliki risiko terkena luka bakar yang lebih tinggi akibat tidak sengaja menyenggol knalpot maupun blok mesin yang bersuhu tinggi karena motor sudah digunakan untuk perjalanan.

2. Risiko Tergores

Mengenakan sandal saat mengendarai sepeda motor juga menimbulkan risiko kaki terkena luka gores. Hal ini bisa terjadi karena kaki terkena loncatan batu kerikil dari jalanan ataupun benda tajam yang tersebar di jalan.

Baca Juga: Musim Hujan, Berikut Tips Merawat Mobil di Rumah Agar Terhindar dari Jamur

3. Resiko Cedera

Selain resiko terjadinya luka bakar dan luka akibat goresan. Pengendara yang mengenakan sandal saat berkendara motor juga bisa mengakibatkan cedera lainnya.

Cedera ini bisa muncul akibat tersenggol kendaraan lain yang berada di sekitar saat perjalanan. Risiko cedera juga bisa lebih besar saat mengenakan sandal apabila pengendara terjatuh atau mengalami kecelakaan.

Lebih parahnya, cedera yang bisa dialami pengendara motor yang menggunakan sandal jepit saat berkendara adalah cacat permanen karena kaki tidak terlindungi dengan baik.

Baca Juga: Sambut Elektrifikasi, Suzuki Sudah Siapkan Jimny EV

Karena itu, sebaiknya saat mengendarai sepeda motor menggunakan sepatu dengan kualitas yang terjamin untuk menghindari risiko-risiko yang tidak diinginkan. 

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini