Kenali Penyebab dan Cara Untuk Mengatasi Kunci Motor yang Macet

Yowan R
Senin 03 April 2023, 10:16 WIB
Kunci motor macet pada rumah kunci (Sumber : hondacommunity.net)

Kunci motor macet pada rumah kunci (Sumber : hondacommunity.net)

LABVIRAL.COM - Kunci motor yang tiba-tiba macet memang menjadi salah satu hal yang menyebalkan bagi para pengendara motor. Kejadian ini juga menjadi salah kejadian berbahaya karena, kunci motor yang macet di rumah kuncinya ini bisa bengkok atau malah patah jika dipaksa untuk melepasnya.

Lubang kunci motor yang menjadi seret dan macet ini biasanya disebabkan oleh adanya kotoran yang masuk terbawa air atau sisa cairan seperti sabun ketika mencuci motor. Kotoran yang masuk kedalam lubang kunci lama kelamaan akan kering sehingga mengakibatkan kunci motor menjadi seret.

Baca Juga: 4 Cara Cepat Tangani Kunci Motor Hilang

Jika sudah seret dan macet, kamu bisa mengakalinya dengan beberapa cara dibawah ini:

Mengakali kunci motor yang macet menggunakan oli mesin atau oli gardan. Oli mesin, selain berguna untuk melumasi seluruh komponen mesin, rupanya berguna juga untuk mengakali komponen-komponen yang aus. Namun, usahakan jangan menggunakan oli bekas, karena di dalam oli bekas biasanya membawa serbuk-serbuk logam dari mesin. Untuk menggunakannya, kamu bisa melumasi lubang kunci yang terdapat pada rumah kunci.

Baca Juga: 6 Jenis Kunci Pengaman yang Wajib Ada di Motormu dan Cara Pakainya

Cara lainnya, kamu bisa menggunakan cairan WD atau carburator cleaner. Cairan ini sangat ampuh untuk merontokan karat yang menempel pada logam. Namun, dalam penggunaannya harus hati-hati karena cairan ini memiliki sifat yang mampu melunturkan cat pada body motor.

Untuk mengakali kunci motor yang macet, kamu bisa menggunakan carian ini dengan cara menyemprotkannya langsung kedalam lubang kunci motor, semprotkan perlahan dan coba goyangkan kunci sedikit-demi sedikit dan mencabut kuncinya perlahan.

Nah berikut tadi adalah cara yang bisa kamu gunakan untuk mengakali kunci motor yang macet di rumah kunci.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini