Motor Custom Masih Bisa Perpanjang STNK? Gimana Caranya?

Bonifasius Sedu Beribe
Senin 13 Maret 2023, 18:45 WIB
Banyak orang menganggap bahwa perpanjang STNK motor custom tidak mungkin dilakukan. Untungnya, hal ini tidak sepenuhnya benar. Anda masih punya jalan memperpanjang STNK ataupun mengurus BPKB selama memenuhi persyaratan khusus

Banyak orang menganggap bahwa perpanjang STNK motor custom tidak mungkin dilakukan. Untungnya, hal ini tidak sepenuhnya benar. Anda masih punya jalan memperpanjang STNK ataupun mengurus BPKB selama memenuhi persyaratan khusus

LABVIRAL.COM, Banyak orang menganggap bahwa perpanjang STNK motor custom tidak mungkin dilakukan. Untungnya, hal ini tidak sepenuhnya benar. Anda masih punya jalan memperpanjang STNK ataupun mengurus BPKB selama memenuhi persyaratan khusus.

Syarat perpanjangan STNK motor custom sebenarnya tidak semengerikan yang banyak orang bayangkan. Aturan PP RI No. 55 Tahun 2012 tentang Kendaraan sudah mengatur syarat kelayakan jalan yang harus dipatuhi. Selama lingkup ini tidak dilanggar, pengurusan STNK akan mudah.

Baca Juga: Perbedaan Modifikasi dan Kustomisasi pada Motor, Jangan Tertukar Ya!

Tapi jika tidak yakin, ada beberapa hal yang bisa membantu untuk klarifikasinya dengan beberapa jalan berikut:

Modifikasi hanya mempengaruhi tampilan dan bentuk body motor secara minimalis. Untuk custom ini, cukup bawa surat persyaratan dari bengkel ke Samsat.

Jika lakukan modifikasi custom mesin, dimensi ukuran motor dan aksesoris ekstrem seperti knalpot besar, Anda harus datang ke Kementerian Perhubungan daerah untuk uji ulang. Jika modifikasi masih diperbolehkan, Anda akan dapat surat khusus untuk urus pengubahan STNK dan BPKB di Samsat.

Pastikan memiliki bukti motor adalah hasil modifikasi. Jadi simpan nota biaya modifikasi dari bengkel ataupun parts yang dibeli untuk modifikasi. Bukti ini akan lebih memudahkan pertanggung jawaban modifikasi saat di Kementerian Perhubungan.

Baca Juga: 10 Pelanggaran Modifikasi Motor yang Wajib Dihindari, Sebaiknya Jangan!

Jika sudah perhatikan hal – hal di atas dan melengkapi persyaratan, Anda tinggal urus lebih lanjut di Samsat. Proses perpanjang STNK motor custom yang sudah lolos uji dengan dokumen bukti akan sama seperti mengurus STNK biasa. Hanya saja, Anda harus siap melakukan beberapa proses ekstra untuk melengkapi data motor custom Anda.

Apakah ada proses berbeda yang harus dilakukan?

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini