Sebelum Mudik Menggunakan Mobil, Periksa Komponen Ini Terlebih Dahulu

Yowan R
Selasa 18 April 2023, 12:10 WIB
Ilustrasi mobil yang mogok karena tidak menjalani pemeriksaan komponen mobil sebelum digunakan perjalanan jarak jauh (Sumber : INSTAGRAM/country_angel4x4)

Ilustrasi mobil yang mogok karena tidak menjalani pemeriksaan komponen mobil sebelum digunakan perjalanan jarak jauh (Sumber : INSTAGRAM/country_angel4x4)

LABVIRAL.COM - Menjelang momen mudik Lebaran 2023, tentunya masyarakat Indonesia yang akan melakukan mudik alias pulang kampung saat ini tengah mempersiapkan segala sesuatunya, termasuk mempersiapkan alat transportasi yang akan digunakan.

Salah satu alat transportasi pribadi yang hingga saat ini masih menjadi favorit untuk mudik adalah mobil. Penting sekali untuk pemudik mempersiapkan kondisi mobilnya agar nyaman saat digunakan dalam perjalanan mudik.

Jangan sampai mobil yang digunakan untuk mudik malah trouble ditengah jalan akibat kelalain pemudik yang tidak melakukan perawatan dan pemeriksaan mobil terlebih dahulu. Jika hal ini terjadi tentunya akan sangat mengganggu perjalanan.

Baca Juga: 3 Kelebihan Mobil Sistem Keyless Dibanding Kunci Konvensional

Karena itu, pemudik wajib melakukan pemeriksaan dan perawatan pada komponen mobil. Apa saja komponen mobil yang perlu mendapatkan perawatan sebelum digunakan mudik Lebaran 2023? Berikut penjelasannya:

1. Oli Mobil

Komponen mobil yang perlu mendapatkan pemeriksaan pertama adalah oli mobil. Oli mobil ini meliputi oli mesin, oli transmisi hingga oli gardan. Oli mobil perlu mendapatkan pemeriksaan sebab, peran oli ini sangat penting sebagai pelumasan antar komponen bergerak pada mesin dan sistem penggerak mobil.

Baca Juga: Kapan Waktu yang Tepat Mengganti Oli Mobil?

Pastikan oli mobil masih dalam kondisi yang baik. Jika kondisi oli mobil sudah tidak layak pakai atau bahkan sudah habis segera lakukan penggantian dengan oli baru.

2. Ban mobil

Komponen mobil selanjutnya yang perlu mendapatkan pemeriksaan sebelum digunakan untuk mudik Lebaran 2023 adalah ban mobil. Ban mobil sendiri merupakan satu-satunya komponen mobil yang bersinggungan langsung dengan permukaan jalan. Sehingga, ban ini perannya sangat penting dan memerlukan perhatian khusus.

Baca Juga: 4 Tanda Ban Mobil Wajib Segera Diganti

Ban mobil yang masih layak digunakan untuk perjalanan jarak jauh seperti mudik Lebaran 2023 adalah ban dengan kondisi tapak ban yang belum aus, dinding ban belum mengalami keretakan, sobek serta benjol, dan ban dengan tekanan angin yang terjaga.

3. Rem mobil

Pemeriksaan selanjutnya bisa dilakukan pada komponen rem mobil. Untuk pemeriksaan rem mobil ini bisa dilakukan mulai dari kondisi minyak rem, pastikan tidak ada kotoran seperti endapan lumpur pada minyak rem.

Baca Juga: 3 Ciri Kampas Rem Mobil Sudah Lelah, Bakal Kerja Keras Saat Mudik

Selain itu, pastikan juga tidak ada kebocoran pada sambungan atau lekukan selang minyak rem karena bisa berbahaya. Kampas rem juga perlu diperiksa kondisinya, jika sudah tipis pastikan untuk diganti dengan yang baru.

4. Filter mobil

Selain oli mobil, pemeriksaan filter mobil yang meliputi filter oli, filter udara, filter bensin, filter kabin atau filter AC juga perlu mendapatkan pemeriksaan. Komponen ini sebenarnya memiliki peran yang tidak bisa dianggap sepele, sebab berguna untuk menyaring kotoran yang mengganggu.

Jika filter mobil tidak dibersihkan tentu saja akan mengganggu kinerja mesin. Sedangkan filter AC yang tidak dibersihkan bisa mengakibatkan udara AC yang berhembus menjadi kotor atau bahkan bisa menyumbat saluran AC.

5. Suspensi

Selain beberapa komponen di atas, pemeriksaan suspensi mobil seperti shock absorber juga perlu dilakukan. Sebab, suspensi ini nantinya akan berperan untuk kenyamanan si pemudik selama perjalanan.

6. Cairan mobil

Komponen lain pada mobil yang wajib mendapatkan pemeriksaan adalah cairan mobil. Cairan mobil seperti air radiator ini berfungsi sebagai pendingin mesin agar mesin bekerja dengan stabil. Pastikan air radiator ini pada batas maksimal dan membawa cadangan selama perjalanan.

Cairan mobil selanjutnya adala air washer yang berfungsi membantu wiper untuk membersihkan kaca depan. Pastikan air washer ini dalam kondisi yang layak pakai.

7. Aki mobil

Mengingat aki mobil ini menjadi sumber utama kelistrikan pada mobil, sangat penting sekali jika aki mobil diutamakan untuk mendapatkan pemeriksaan pada mobil sebelum digunakan mudik Lebaran 2023.

8. Lampu-lampu mobil

Selain aki, komponen lampu mobil juga perlu mendapatkan pemeriksaan karena lampu ini berperan sebagai sumber penerangan dan isyarat selama perjalanan. Pemudik wajib memeriksa lampu-lampu mobil yang meliputi lampu utama, lampu kabut, lampu rem, lampu sein, serta lampu lainnya. Pastikan semua lampu dalam kondisi yang baik, jika lampu terindikasi redup atau malah mati segera ganti dengan lampu baru.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini