Bikin Penasaran, Apa Fungsi Rambut Karet Kecil di Permukaan Ban Motor?

Yowan R
Senin 24 April 2023, 13:31 WIB
Ilustrasi rambut karet kecil di seluruh permukaan ban motor (Sumber : shopee)

Ilustrasi rambut karet kecil di seluruh permukaan ban motor (Sumber : shopee)

LABVIRAL.COM – Pasti kamu sebagai pemilik sepeda motor pernah melihat pada ban sepeda motor terdapat rambut kecil dari karet di bagian tapak ban dan dinding ban. Bahkan, rambut karet tersebut bisa dilihat di setiap bagian ban baru.

Hal inilah yang membuat banyak orang penasaran tentang apa fungsi sebenarnya dari rambut ban yang terletak di seluruh permukaan ban motor ini.

Baca Juga: Cara Ketahui Kapan Ban Motormu Diproduksi?

Lalu, apa yang terjadi jika rambut kecil pada permukaan ban baru ini dicabut. Apakah rambut kecil pada permukaan ban ini bisa merusak atau mengganggu kinerja dari ban motor?

Berdasarkan informasi dari berbagai sumber mengatakan, sebenarnya rambut kecil pada permukaan ban motor ini tidak memiliki fungsi yang krusial, malah bisa dikatakan jika rambut kecil yang ada di permukaan ban ini tidak berfungsi sedikitpun.

Sebenarnya, rambut kecil pada permukaan ban motor merupakan sisa-sisa dari proses pembuatan atau pencetakan ban. Atau lebih tepatnya pada saat ban masih setengah jadi (green tire) kemudian diproses selanjutnya masuk cetakan (moulding).

Baca Juga: Semir Ban Bikin Ban Motor Cepat Rusak?

Pada proses pembuatan ban inilah, ban setengah jadi akan disuntikan semacam jarum yang berfungsi sebagai lubang udara atau vent hole. Jarum vent hole inilah memiliki fungsi untuk membuang udara agar tidak terjebak didalam ban saat diproduksi.

Dari vent hole inilah rambut kecil yang ada pada permukaan ban muncul. Jadi, sebenarnya rambut kecil pada ban ini tidak berfungsi apapun. Karena, rambut kecil tersebut hanyalah sisa-sisa dari proses pembuatan atau produksi ban.

Baca Juga: Ternyata Ukuran Ban Motor Depan dengan Belakang Berbeda, Mengapa?

Jika suatu saat kamu membeli ban baru  untuk pengganti ban yang sudah botak dan iseng mencabut rambut-rambut kecil pada permukaan ban tak perlu takut ban akan rusak. Karena tidak akan berpengaruh apapun pada ban baru yang kalian beli.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini