Mobil Punya 16 Lampu Indikator, Sudah Tau Arti dan Fungsinya?

Tim Redaksi Labviral
Rabu 03 Mei 2023, 21:53 WIB
Mobil Punya 16 Lampu Indikator, Sudah Tau Arti dan Fungsinya? (FOTO: Unsplash.com/@introspectivedsgn)

Mobil Punya 16 Lampu Indikator, Sudah Tau Arti dan Fungsinya? (FOTO: Unsplash.com/@introspectivedsgn)

LABVIRAL.COM – Apakah kamu tahu bahwa di dalam rangkaian mobil terdapat beberapa sensor pada sistem elektroniknya? Sensor elektronik inilah yang dinakan dengan lampu indikator. Lampu indikator sendiri berfungsi untuk memberitahu pengendara jika terdapat hal yang tidak wajar pada kendaraan kesayangannya.

Pada lampu indikator, terdapat dua jenis warna berbeda yang harus kamu ketahui. Warna tersebut yakni merah yang mengindikasikan adanya permasalahan yang serius dan orange yang mengindikasikan adanya hal tidak wajar pada kendaraanmu.

Mobil memiliki banyak sekali simbol lampu indikator yang memiliki arti berbeda. Agar kamu tidak salah mengartikannya, yuk kenali simbol lampu indikator pada mobil kesayangmu seperti yang dilansir dari situs resmi Suzuki yang Labviral.com berikan ini untukmu.

Baca Juga: Lampu Indikator Rem Tangan Terus Menyala, Kenapa Ya?

Check engine

Check engine atau cek mesin ini memiliki lambang seperti bentuk mesin pada lampu indikator. Jika lampu check engine pada mobilmu menyala terus menerus, maka sudah dipastikan kendaraan kesayanganmu mengalami masalah pada bagian mesinnya.

Jika sudah seperti itu, maka kamu harus segera membawa mobilmu ke bengkel terdekat dan melakukan pengecekan dengan menggunakan alat On Board Diagnostic agar mengetahui lebih detail dimana letak komponen yang menjadi sumber permasalahan.

Baca Juga: Lampu Indikator Airbag Menyala, Kenapa Ya?

Pengisian aki

Selanjutnya yakni lampu indikator yang memiliki lambang seperti bentuk baterai dengan kutub negatif dan positif. Jika lampu indikator pengisian aki ini terus menyala, berarti terjadi masalah pada sistem pengisian arus listrik pada aki mobilmu.

Salah satu permasalahan yang sering terjadi jika lampu indikator ini menyala ialah alternator yang tidak terisi. Jika terus dibiarkan, maka dapat membuat kondisi akimu menjadi kosong dan akan cepat rusak.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini