Faktor Penyebab Aki Mobil Gampang Soak, Pantas Sih Tekor Melulu!

Tim Redaksi Labviral
Jumat 05 Mei 2023, 03:14 WIB
Faktor Penyebab Aki Mobil Gampang Soak, Pantas Sih Tekor Melulu! (Instagram.com/boekanmain)

Faktor Penyebab Aki Mobil Gampang Soak, Pantas Sih Tekor Melulu! (Instagram.com/boekanmain)

LABVIRAL.COM - Sebagai alat bantu yang bertugas mengalirkan listrik ke seluruh komponen kendaraan, performa aki harus selalu dijaga. Karena jika aki sudah soak, efeknya akan panajng. Tak seperti motor yang masih menggunakan kick starter, jika aki mobilmu sudah soak, jalan satu-satunya ialah ditembak oleh aki mobil lain atau didorong. Capek, kan?

Untuk itu, Labviral.com akan menjelaskan apa saja penyebab aki soak atau sering bocor, sehingga membuat kita tekor. Berikut penjelasannya, seperti yang dilansir dari situs resmi Daihatsu.

Baca Juga: Agar Aki Mobil Awet dan Gak Mudah Tekor, Simak Tips Merawatnya

Mobil jarang digunakan

Penyebab aki soak pertama ialah karena mobil jarang digunakan. Loh, kok bisa jarang digunakan malah membuat aki soak? Hal ini karena jika mobil yang jarang digunakan, maka mesin mobil tidak akan memanas.

Sehingga secara otomatis, aki tidak akan mendapatkan suplai listrik yang cukup. Hal inilah yang membuat kapasitas kinerja aki akan menjadi kurang maksimal. Lama kelamaan, aki menjadi soak dan sangat sulit dihidupkan.

Untuk menghindari hal tersebut, selalu panaskan mobil, meskipun kamu tak ingin bepergian. Setidaknya, panaskan mobil satu kali seminggu, agar asupan tegangan listrik ke aki bekerja dengan optimal.

Baca Juga: Mari Menghitung Berapa Umur Aki Mobil dan Umur Pemakaian Normalnya

Menggunakan aksesoris yang berlebihan

Melakukan modifikasi merupakan hal yang sangat menyenangkan bagi sebagian orang. Namun, hal ini ternyata dapat membuat aki soak, loh. Kok bisa seperti itu? Hal ini karena pada dasarnya, beberapa aksesoris mobil dapat menguras tenaga aki secara berlebihan.

Salah satu aksesoris yang menyita banyak tenaga aki ialah audio, karena aksesoris ini membutuhkan daya listrik yang sangat besar. Untuk itu, jika kamu ingin menambahkan aksesoris pada mobil kesayanganmu, jangan lupa untuk memperhatikan kapasitas dari aki mobil yang kamu gunakan.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait
Tech

Ciri Aki Mobilmu Sudah Soak

Rabu 29 Maret 2023, 00:22 WIB
Ciri Aki Mobilmu Sudah Soak
Berita Terkini