Cara Kirim File dari Smartphone Android ke Laptop Menggunakan Fitur Nearby Share

Yowan R
Rabu 10 Mei 2023, 15:21 WIB
Ilustrasi fitur Nearby Share untuk mengirim file dari  smartphone Andorid ke PC Windows dan sebaliknya (Sumber : theverge.com)

Ilustrasi fitur Nearby Share untuk mengirim file dari smartphone Andorid ke PC Windows dan sebaliknya (Sumber : theverge.com)

LABVIRAL.COM - Berbagi file atau dokumen antara smartphone dan PC ataupun sesama smartphone, saat ini sudah menjadi aktivitas yang umum digunakan di era serba digital.

Untuk berbagi file antara smartphone dan PC ini bisa dilakukan menggunakan kabel maupun tanpa kabel dengan berbagai pilihan platform transfer file yang tersedia.

Baca Juga: 3 Cara Mudah dan Cepat untuk Menghapus File Sampah di Laptop

Nah, salah satunya adalah “Nearby Share” platform transfer file antar smartphone Android dan PC buatan resmi Google. Dengan Nearby Share, pengguna bisa mentransfer atau mengirim dokumen, tautan, gambar, dan lain-lain.

Nearby Share, pertama kali dirilis oleh google pada tahun 2020 yang hanya bisa digunakan untuk smartphone Android dengan versi 6.0 ke atas. Kemudian, fitur tersebut berkembang hingga bisa digunakan ke tablet ataupun Chromebook.

Namun, sejak akhir Maret 2023 kemarin,Google kembali mengembangkan Nearby Share sehingga memperluas dukungannya hingga ke platform Windows. Dengan fitur ini, para pengguna smartphone akan semakin mudah untuk berbagai file dari smartphone Android ke PC Windows.

Baca Juga: Laptop Sering Alami Blackscreen? Antisipasi dengan Cara Ini Tak Perlu Ke Tukang Servis

Sebagai informasi, Nearby Share terbaru hanya tersedia untuk PC atau Laptop dengan sistem operasi Windows dan tersedia dalam versi beta. Meskipun demikian, Nearby Share sudah bisa digunakan untuk transfer file dari smartphone Android ke Windows ataupun sebaliknya.

Nearby Share versi PC atau Laptop ini juga hanya mendukung digunakan pada perangkat dengan OS Windows 10 atau lebih baru.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini