5 Cara Mudah Mengatasi Whea Uncorrectable Error di Windows 10 Sendiri Dirumah

Yowan R
Senin 15 Mei 2023, 19:15 WIB
Ilustrasi Whea Uncorrectable Error di Windows 10 (Sumber : neosmart.net)

Ilustrasi Whea Uncorrectable Error di Windows 10 (Sumber : neosmart.net)

LABVIRAL.COM - Salah satu error yang sering terjadi pada perangkat yang menggunakan sistem operasi (OS) Windows adalah Windows Hardware Error Architecture (WHEA) Uncorrectable Error yang tampil bersamaan dengan layar berwarna biru yang sering juga disebut sebagai Blue Screen.

Windows Hardware Error Architecture (WHEA) Uncorrectable Error sendiri biasanya disebabkan karena adanya kerusakan pada hardware atau perangkat keras. Selain dari perangkat keras, error ini juga bisa disebabkan karena masalah lain seperti sistem driver yang error hingga pembaruan Windows yang tidak di update.

Baca Juga: 5 Cara Restart Laptop dengan Keyboard Pakai Windows Anti Ribet

Berikut ini cara mudah untuk mengatasi Whea Uncorrectable Error di Windows 10.

1. Periksa dan perbarui Driver Hardware

Komputer yang memiliki driver perangkat keras terhapus atau rusak dapat menyebabkan masalah Whea Uncorrectable Error pada Windows 10. Karena itu pastikan untuk memeriksa setiap driver perangkat keras dan mengunduh versi terbaru dari situs web resmi produsen perangkat keras.

2. Periksa suhu CPU dan pendingin

Whea Uncorrectable Error di Windows 10 juga bisa disebabkan oleh suhu CPU yang terlalu tinggi. Masalah ini bisa terjadi karena perangkat digunakan terus menerus dalam jangka waktu yang lama.

Untuk mengatasinya, pengguna bisa memastikan kipas pendingin berfungsi dengan baik dan membersihkan debu pada kipas pendingin. Selain itu, pengguna juga bisa memeriksa suhu CPU menggunakan aplikasi seperti Core Temp atau HWMonitor.

3. Periksa RAM

Jika perangkat komputer atau laptop mengalami Whea Uncorrectable Error, pengguna juga bisa mengatasinya dengan memeriksa RAM dengan bantuan aplikasi Windows Memory Diagnostic.

Baca Juga: Ketahui Cara Gampang Melihat Spesifikasi Laptop di Windows 10

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini