Bisnis Ikan Cupang Meningkat selama Piala Dunia U-17 2023

Haris Ma'ani
Senin 27 November 2023, 11:03 WIB
Ikan cupang yang dijual di boot Amartha di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Bandung selama event Piala Dunia U-17 2023 .  (Sumber : Media PSSI)

Ikan cupang yang dijual di boot Amartha di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Bandung selama event Piala Dunia U-17 2023 . (Sumber : Media PSSI)

LABVIRAL.COM-Bisnis ikan cupang ikut meningkat selama penyelenggaraan Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia.

Ini seperti dirasakan Ibu Yanti, yang memanfaatkan Piala Dunia U-17 dengan menawarkan ikan cupang. Salah satu pedagang dalam skala Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) ini pun menjadi perhatian selama pelaksanaan Piala Dunia U-17 di Bandung.

Terobosan pemikiran bisnis ibu berusia 53 ini memang menarik. Bagaimana tidak, jika biasanya pedagang UMKM menjual kuliner, termasuk yang khas daerah masing-masing ataupun suvenir, dirinya justru menjual ikan cupang.

Ya, ibu Yanti menghadirkan ikan hias tersebut di booth Amartha, yang digelar setiap ada pertandingan Piala Dunia U-17 di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung.

Lengkap dengan akuarium dari Yanti, ikan cupang itu jadi representasi pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) selama turnamen itu digelar di Indonesia.

Dengan mejeng di event sekelas Piala Dunia U-17, ternyata pendapatannya meningkat. Ini berarti ikan cupang menjadi buruan penonton sepak bola.

Baca Juga: 3 Kritik Pedas Soal JIS Tergenang Air Bikin Laga Brasil Vs Argentina di Piala Dunia U-17 Delay 30 Menit

"Alhamdulillah (pendapatan) meningkat. Biasanya sehari bisa Rp200-300 ribu, tidak tentu memang. Tetapi pernah sampai Rp450 ribu. Setelah dapat modal buat tambah bibit ikan, obat, sekarang sehari bisa menerima pemasukan sampai Rp900 ribu," kata Yanti.

Menarik tentu saja. Selama ini, Yanti memang sudah berdagang ikan cupang dari sekolah ke sekolah di sekitar kawasan Arjasari, Kabupaten Bandun. Dia membangun usahanya dalam kurun waktu lima tahun terakhir ini.

Saat Stadion Si Jalan Harupat menjadi salah satu venue Piala Dunia U-17, dirinya berusaha mendapat izin membuka lapak resmi. Dari pengakuannya tak mudah mendapatkan izin membuka booth di Piala Dunia U-17. Beruntung, dia mendapatkan bantuan dari Amartha sehingga akhirnya menembus panggung dunia.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini