Kamu Perlu Tahu, Ini Kelebihan dan Kekurangan Investasi Reksadana

Dian Eko Prasetio
Senin 20 Maret 2023, 20:51 WIB
Ilustrasi:Investasi Reksadana dianggap salah satu sarana yang tepat untuk dijadikan pilihan.  (Sumber : Instagram/@reksadanakucom)

Ilustrasi:Investasi Reksadana dianggap salah satu sarana yang tepat untuk dijadikan pilihan. (Sumber : Instagram/@reksadanakucom)

LABVIRAL.COM - Investasi merupakan salah satu kegiatan, menanam uang dengan harapan akan membuahkan hasil yang menguntungkan dimasa mendatang. 

Pada umumnya untuk para pemula, Investasi Reksadana dianggap salah satu sarana yang tepat untuk dijadikan pilihan. Karena Investasi Reksadana dianggap mudah dan juga jelas legalitasnya dimana diatur dalam undang-undang No. 8 Tahun 1995 Tentang Pasar Modal.

Tapi, tahukah kamu meskipun demikian Investasi Reksadana juga memiliki kekurangan dan kelebihannya sendiri. Apa saja?

Berikut Labviral.com, paparkan terkait kekurangan dan kelebihan dari Investasi Reksadana. Yuk disimak!

Kelebihan investasi reksadana: 

  • Bisa menanam dengan modal yang cukup rendah.
  • Kamu bisa berinvestasi Reksadana tanpa haru jago dan pandai memahami seluk beluk Investasi, karena risiko dana diserahkan kepada badan hukum atau Manajer Investasi (MI).
  • Waktu yang efisien, karena pengelolaannya diatur oleh Manajer Investasi (MI).
  • Kamu bisa melihat Investasi kamu secara real time dengan Online.
  • Investasi Reksadana memiliki banyak jenis sehingga kamu mempunyai banyak pilihan yang bisa membuat kamu dapat menyesuaikan dengan kebutuhan atau kesanggupan.

Baca Juga: Healing ke Depok, Ini 3 Rekomendasi Tempat Wisatanya

Kekurangan investasi reksadana

  • Kekurangan yang pertama yaitu, kamu bisa ikut rugi jika Investasi yang dilakukan Manajer Keuangan mengalami kerugian dengan ditandai berkurangnya nilai unit penyertaan.
  • Risiko likuiditas dimana investor kesulitan menarik dananya jika sebagian besar investor melakukan penarikan dana (redemption).
  • Biaya tambahan, karena pengelolaan Investasi diatur oleh Manajer Keuangan ataupun Bank Kustodian.
  • Wanprestasi yaitu jika Manajer Investasi pengelola Reksadana tidak melakukan kewajibannya sehingga bisa menyebabkan investor kehilangan uangnya.

Nah, itu dia kelebihan dan kekurangan dari Investasi Reksadana. Terkait kelebihan dan kekurangan yang ada, kamu bisa menimbang apakah lebih banyak yang menguntung kan atau lebih banyak yang merugikannya. Selain itu, dengan tau kekurangan kamu bisa mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dalam Investasi Reksadana. Semoga bermanfaat!

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait
Bisnis

6 Risiko Investasi Jangka Panjang

Jumat 17 Maret 2023, 22:16 WIB
6 Risiko Investasi Jangka Panjang
Berita Terkini