10 Rekomendasi Alat Pembersih Hidung yang Aman untuk Bayi sampai Orang Dewasa Beserta Harganya

Aci
Rabu 28 Juni 2023, 22:14 WIB
Alat Pembersih Hidung yang Aman Untuk Bayi sampai Orang Dewasa (Sumber : Unsplash.com/Alat Pembersih Hidung)

Alat Pembersih Hidung yang Aman Untuk Bayi sampai Orang Dewasa (Sumber : Unsplash.com/Alat Pembersih Hidung)

LABVIRAL.COM - Ketika hidung tersumbat, pernapasan akan terganggu. Hal tersebut tentu saja harus segera diatasi terlebih jika hal itu terjadi pada anak kecil atau balita.

Jika hidung tersumbat, tidak melulu minum obat. Kamu bisa mengatasinya dengan alat pengorek hidung atau  nose cleaner. 

Alat pengorek hidung atau  nose cleaner ini akan sangat berguna untuk mengeluarkan cairan yang berada di dalam hidung yang menyumbat pernafasan. 

Hidung mempunyai peran untuk dapat menyaring kualitas udara yang kita hirup. Setiap udara yang masuk ke hidung akan dihangatkan, difilter dan dilembabkan. 

Udara yang masuk juga dibersihkan dari kotoran, debu, virus dan bakteri sebelum dikirim ke paru-paru. Udara yang berkualitas tentu berpengaruh terhadap kesehatan manusia.

Baca Juga: Cara Menjaga Kesehatan Kulit dari Polusi Udara

Nose cleaner adalah alat yang berfungsi membersihkan hidung dari lendir, kotoran, maupun debu. Membersihkan hidung dari kotoran, lendir, dan debu akan memperbaiki kerja sistem mukosiliar pada hidung dan meningkatkan pertahanan hidung.

Alat pengorek atau pembersih hidung tersebut terbagi menjadi dua tipe, yaitu tipe manual yang bisa digunakan secara langsung kapan saja dan dimana saja. Sedangkan yang satunya yaitu tipe elektrik, yang membutuhkan baterai ataupun tenaga listrik untuk dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Sebenarnya, baik manual maupun elektrik keduanya sama-sama berfungsi dengan baik. Hanya saja, kamu sendiri yang sebaiknya menyesuaikannya kebutuhan.

Berikut ini Labviral.com merekomendasikan 10 alat pembersih hidung yang aman dan terpercaya baik jenis manual maupun elektrik, beserta referensi harganya. Yuk, disimak!

1. Nasal Aspirator 2 in 1

Dodo Nasal Aspirator 2 in 1. Sesuai dengan namanya, jenis ini menyediakan dua jenis nozzle yang berbeda dalam satu kemasan. Salah satu produk memiliki nozzle berukuran pendek dengan penampungan cairan yang lebih besar. 

Baca Juga: 6 Bahaya Obesitas bagi Kesehatan, dari Penyakit Jantung hingga Kanker

Sementara itu, produk satunya memiliki nozzle yang lebih panjang dengan ukuran penampungan yang lebih kecil. Bagi kamu yang ingin leluasa menyesuaikan penggunaan alat dengan kondisi pilek si kecil, produk ini bisa menjadi andalan. Produk ini dijual dengan harga Rp28. 500 saja.

2. Nasal Aspirator Anti Backflow

BPA free, aman untuk si kecil yang rentan alergi. Bisanya, bayi yang baru lahir sampai usia enam bulan cenderung mudah alergi terhadap komponen BPA. Padahal, BPA banyak digunakan dalam perlengkapan bayi yang berbahan plastik.

Nah, apabila anak kamu mudah pilek dan sensitif terhadap BPA, pertimbangkanlah nose cleaner dari Young Young ini. Produk penyedot ingus yang satu ini tidak mengandung BPA, sehingga aman untuk buah hati yang rentan alergi. Jenis ini dijual dengan harga Rp72.000.

3. Nose cleaner pipet

Nose Cleaner jenis pipet ini memiliki pompa penyedot yang nyaman saat digunakan. Karena mudah digunakan, produk ini layak menjadi pertimbangan jika kamu baru pertama kali menggunakan nose cleaner.

Baca Juga: 5 Risiko Kesehatan Operasi Bariatrik, Nggak Bisa Dianggap Sepele

Nozzle-nya lentur sehingga tidak akan melukai bagian dalam hidung. Agar tetap higienis, Nose Cleaner jenis pipet keluaran pigeon dijual dengan harga Rp79.500.

4. NoseFrida The Snotsucker

Dibuat di Swedia, NoseFrida The Snotsucket tergolong nose cleaner yang higienis. bentukmy memanjang seperti roket yang ramping, kamu tidak perlu memasukkan nozzle ke dalam hidung si kecil. 

Kamu hanya perlu meletakkan alat pada ujung hidung anak, lalu sedotlah dengan mulut.

produk ini cocok untuk kamu yang khawatir dengan risiko memasukkan alat ke dalam hidung anak. Selain itu, produk ini dilengkapi disposable filter yang dapat menahan ingus agar tidak tertelan saat kamu menyedotnya. Jenis ini dijual Rp144.000.

Baca Juga: Peduli Kesehatan Mental, Apple Perkenalkan Fitur Ini

5. Alat Pembersih Hidung  Elektrik Baby Nasal Aspirator

Alat pembersih hidung elektrik yang satu ini merupakan jenis  portable. Jenis ini sangat simpel karena tidak memerlukan stop kontak dan kabel sehingga bisa digunakan dimana saja. 

Jenis portabel tentu memudahkan bagi anak atau dewasa yang sering berjalan-jalan (traveling). Perlu diingat untuk selalu membersihkannya setelah memakai, juga dalam penyimpanan. Sebaiknya hindari pemakaian bergantian untuk hindari risiko penularan.

Alat penyedot ingus elektrik dari Honey Boo ini hadir dengan fitur low noise alias tidak berisik. Jadi, kamu dapat menyedot ingus si kecil saat tertidur sekalipun. Untuk jenis ini, dijual dengan harga Rp150.000.

Baca Juga: Google Dikabarkan Sematkan Fitur Kesehatan Baterai Pada Sistem Android

6. NeilMed Baby NasaKleen Nasal Aspirator

NeilMed Baby NasaKleen Nasal Aspirator memiliki nozzle dengan bentuk seperti alat suntik yang nyaman di hidung. Spare part nose cleaner ini dapat dibongkar saat akan dicuci. Sayangnya, filternya hanya sekali pakai sehingga harus langsung dibuang setelah digunakan.

Namun, kamu tidak perlu khawatir sebab dalam sekali pembelian, terdapat 50 buah filter cadangan dalam sekali pembelian. Jika kamu merasa penyedotan manual dengan mulut lebih aman bagi si kecil, pilihlah alat yang dilengkapi filter ini.

Dengan begitu, risiko penularan penyakit dari bayi ke orang tua atau sebaliknya dapat diperkecil. Produk ini dijual dengan harga Rp165.000.

7. Nasal Aspirator

Nose cleaner keluaran Mothercare dirancang dengan dua desain unik yang berbeda untuk bayi newborn dan usia diatasnya. Produk ini juga menawarkan daya hisap yang lembut supaya anak berhidung sensitif tetap merasa nyaman saat memakainya. 

Baca Juga: Pentingnya Jaga Kesehatan Motor, Ini Ciri Kiprok Sudah Mulai Rusak

Selain itu, kamu yang ingin membawanya saat bepergian tidak perlu khawatir akan kesulitan untuk menjaga produk ini tetap higienis. Pasalnya, nose cleaner ini dapat dibersihkan sampai kembali higienis dengan air dingin. Produk ini dijual dengan harga Rp169.000.

8. NeilMed NasaKleen Squeezie Nasal Rinsing System

Untuk jenis yang satu ini, bisa digunakan untuk orang dewasa sampai dengan anak-anak. berbeda dengan nose cleaner untuk bayi yang bekerja dengan menyedot ingus, produk ini akan membersihkan saluran hidung. Jadi, saat bagian squeezy ditekan, alat akan mengalirkan cairan untuk mengirigasi hidung. Hasilnya, saluran hidung akan bersih dan terasa lega! Produk ini dijual dengan harga Rp215.000.

9. Wireless Electric Nasal Aspirator

Nose cleaner elektrik ini mampu mengeluarkan ingus hanya dalam tiga detik! Dengan dua baterai AA, kamu dapat menggunakan produk ini hingga 1.000 kali pemakaian. Selain itu, nose cleaner ini juga water resistant sehingga proses pencuciannya menjadi lebih mudah. 

Baca Juga: Saran Pengolahan Daging Burung Puyuh untuk Jaga Kesehatan, Salah Olah Bisa Bawa Efek Bahaya

produk ini menyediakan tiga ujung penyedot dengan warna dan fungsi yang berbeda. Warna biru untuk ingus normal, warna putih untuk ingus yang lebih kental, dan warna pink untuk usia 0-3 bulan. Produk ini dijual dengan harga Rp635.000.

10. NasalClear Battery Operated Nasal Aspirator

Jenis ini dijual dengan harga yang relatif mahal, karena memiliki keunggulan terdapat 12 jenis pilihan musik. Fitur musik tersebut bisa digunakan sebagai pengalih perhatian anak, sebab sering kali anak menangis atau memberontak jika hidungnya dibersihkan. 

Gunakanlah Nasal Clear Battery Operated Nasal Aspirator agar anak lebih tenang selama proses pembersihan saluran hidung. Nose cleaner ini juga dikenal dengan efektifitas sesuai dengan fungsinya. Produk ini dijual dengan harga Rp765.000.

Baca Juga: Keistimewaan Burung Puyuh, Salah Satunya Peduli Kesehatan Lho!

Nah, itu dia 10 rekomendasi alat pengorek atau pembersih hidung yang bisa digunakan anak-anak sampai dengan orang dewasa. Kamu bisa membeli alat tersebut di toko perlengkapan bayi ataupun di toko online. Semoga bermanfaat ya. ***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini