Serba-Serbi Imlek 2024: Bolehkah Potong Rambut Saat Imlek, dan Kapan Waktunya?

Andi Syafriadi
Rabu 26 Juli 2023, 13:42 WIB
Serba-Serbi Imlek 2024: Bolehkah Potong Rambut Saat Imlek, Dan Kapan Waktunya? (Sumber : Pinterest)

Serba-Serbi Imlek 2024: Bolehkah Potong Rambut Saat Imlek, Dan Kapan Waktunya? (Sumber : Pinterest)

LABVIRAL.COM- Potong rambut sebelum Imlek menjadi salah satu tradisi yang banyak dilakukan oleh masyarakat Tionghoa. Lantas, apakah boleh potong rambut saat Imlek?

Imlek merupakan tahun baru Cina dalam kalender Lunar. Di tahun 2024 mendatang, perayaan Imlek akan jatuh pada Minggu, 10 Februari.

Apa Itu Hari raya Imlek?

Imlek adalah salah satu hari besar keagamaan yang dinantikan masyarakat Tionghoa. Perayaan yang khas dengan warna merah ini dirayakan sebagai bentuk ucapan syukur dan harapan akan rezeki yang lebih baik di tahun baru.

Tahun baru Imlek adalah tradisi yang dirayakan turun temurun oleh masyarakat Tionghoa di seluruh dunia sebagai momen untuk berkumpul dan mengucap syukur.

Ketika Imlek, keluarga akan mendoakan para leluhur dan berdoa akan rezeki serta kesehatan lebih baik di tahun yang baru.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Modifikasi Honda Vario 150, Kenali Konsepnya Dahulu Baru Lakukan Perubahan!

Di Indonesia sendiri, Imlek telah ditetapkan sebagai Hari Raya melalui Penetapan Pemerintah Tahun 1946 No.2/Um dan kemudian disahkan sebagai Hari Raya Nasional dengan Keppres 19.2002.

Asal Usul Tahun Baru Imlek

Tahun Baru China atau Imlek juga dikenal dengan nama lain yakni Lunar New Year atau Spring Festival. Berdasarkan studi literatur The Chinese University of Hong Kong, sejarah perayaan Imlek bisa ditelusuri 3,500 tahun yang lalu.

Meskipun tanggal pastinya tidak tercatat, tapi diyakini jika Tahun Baru Cina dimulai pada Dinasti Shang (1,600-1,046 BC) ketika masyarakat mengadakan upacara persembahan dalam rangka memberikan ungkapan syukur pada dewa dan leluhur setiap awal tahun.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini