10 Rumah Adat yang Ada di Kepulauan Sumatera, dari Sumut Hingga Lampung

Andi Syafriadi
Kamis 03 Agustus 2023, 15:28 WIB
10 Rumah Adat Sumatera dari Aceh hingga Lampung (Sumber : Pinterest)

10 Rumah Adat Sumatera dari Aceh hingga Lampung (Sumber : Pinterest)

LABVIRAL.COM - Indonesia memiliki semboyan Bhineka Tunggal Ika yang berarti "Berbeda-beda tetapi tetap satu jua." Di antara unsur kebinekaan atau keberagaman yang ada adalah banyaknya jenis rumah adat yang tersebar dari Sabang hingga Merauke.

Mengutip buku Rumah Untuk Seluruh Rakyat yang ditulis oleh Siswono Yudohusodo, rumah adat berarti rumah yang dibangun dengan cara yang sama dari generasi kegenerasi dan tanpa atau dikit sekali perubahan.

Rumah adat juga bisa diartikan sebagai rumah yang dibangun dengan memperhatikan kegunaan, serta fungsi sosial dan arti budaya dibalik corak atau gaya bangunan.

Baca Juga: Tips Kata Penutup Presentasi ini Bisa Meninggalkan Kesan yang Kuat untuk Menginspirasi dan Memotivasi Audiens

Melestarikan dan menjaga rumah adat menjadi bagian dalam kehidupan karena menjadi bentuk ungkapan dari kebiasaan-kebiasaan masyarakat ketika rumah tersebut didirikan.

Rumah adat yang merupakan karya para leluhur menjadi komponen penting dari unsur fisik cerminan budaya dan kecenderungan sifat budaya yang terbentuk dari tradisi dalam masyarakat. Selain itu juga menjadi lambang cara hidup, ekonomi dan lain-lain dari suatu komponen masyarakat.

10 Rumah Adat yang Berasal dari Pulau Sumatera

Berdasarkan definisi dari rumah adat, hampir setiap provinsi di Indonesia memiliki rumah adat. Model dan bentuk arsitekturnya juga bermacam-macam menyesuaikan adat budaya dari masing-masing daerah.

Baca Juga: Kamu Wajib Tahu! Begini Cara Mudah Mengatasi Laptop Tidak ada Suara saat Memutar Video

Berikut 10 rumah adat Sumatera yang tersebar dari Sabang sampai Lampung dikutip dari rupa-rupa.com:

1. Rumah Krong Bade dari Aceh

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini