Jejak Langkah Paskibraka: Dari Sejarah, Pendiri, Hingga Perannya dalam Peringatan Kemerdekaan

Sunardi
Kamis 17 Agustus 2023, 19:16 WIB
Ilustrasi seorang Paskibraka. (Sumber : Twitter/@BanggaSurabaya)

Ilustrasi seorang Paskibraka. (Sumber : Twitter/@BanggaSurabaya)

LABVIRAL.COM - Dalam upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, tidak luput dari pandangan kita tentang kehadiran Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka). Sebelum sampai saat ini, Paskibraka telah melalui sejarah yang panjang dalam proses pembentukannya. Bagaimana sebenarnya perjalanan pembentukan Paskibraka?

Paskibraka sendiri sebenarnya adalah singkatan dari Pasukan Pengibar Bendera Pusaka, merupakan sebuah organisasi pemuda yang memiliki tugas prestisius dalam upacara peringatan kemerdekaan Republik Indonesia setiap tanggal 17 Agustus. Mereka merupakan para pemuda-pemudi yang memiliki tanggung jawab besar dalam mengibarkan dan menurunkan sang saka merah putih pada momen-momen bersejarah. Kemudian, bagaimana sejarah Paskibraka sendiri?

Baca Juga: Yuk Bisa Yuk! Ini Cara Daftar Upacara 17 Agustus 2023 di Istana Negara

Baca Juga: Cara Membuat Proposal, Lengkap dengan Contoh Kegiatan 17 Agustusan

Sejarah Pembentukan Paskibraka

Paskibraka muncul secara resmi di Indonesia pada tahun 1946 setelah Presiden Soekarno memanggil Mayor (Laut) Husein Mutahar untuk merencanakan upacara peringatan Proklamasi Kemerdekaan RI pada tanggal 17 Agustus 1946 di Yogyakarta. Mayor Husein Mutahar mengusulkan supaya pengibaran Bendera Pusaka dilakukan oleh generasi muda untuk memperkuat persatuan bangsa.

Setelah tugas penyelamatan Bendera Pusaka selesai pada pertengahan Juni 1948, Husein Mutahar tidak lagi bertanggung jawab atas pengibaran bendera. Namun, tahun 1967, Husein Mutahar yang menjabat sebagai Direktur Jenderal Urusan Pemuda dan Pramuka dipanggil oleh Presiden Soeharto untuk mengambil alih tanggung jawab tersebut. Dengan mengacu pada konsep tahun 1946, Husein Mutahar memulai kembali pembentukan pasukan pengibar bendera.

Pada tahun 1967, terbentuklah pasukan pengibar bendera terdiri dari kelompok 17 sebagai pengiring depan, kelompok 8 sebagai pembawa bendera, dan kelompok 45 sebagai pengawal, merepresentasikan tanggal Proklamasi Indonesia.

Sosok Dibalik Berdirinya Paskibraka

Paskibraka lahir berkat peran aktif dari seorang tokoh yang patut dikenang, yakni Husein Mutahar. Beliau adalah sosok yang memiliki visi besar untuk melibatkan generasi muda dalam upacara kenegaraan secara langsung. Bapak Husein Mutahar mengawali karirnya sebagai seorang Sekretaris Panglima Angkatan Laut RI di Yogyakarta yang memiliki dedikasi kuat terhadap kemajuan bangsa dan negara.

Baca Juga: Rekomendasi Banner 17 Agustus 2023, Lengkap Dengan Ucapan Hari Kemerdekaan RI 17 Agustus 2023

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini