Panduan Lengkap Menggunakan dan Membaca Oximeter Bagi Ibu Hamil, Lengkap dengan Tips Menjaga Saturasi Oksigen Tetap Stabil

Bonifasius Sedu Beribe
Rabu 26 Juli 2023, 21:59 WIB
Panduan Lengkap Menggunakan dan Membaca Oximeter Bagi Ibu Hamil, Lengkap dengan Tips Menjaga Saturasi Oksigen Tetap Stabil (FOTO: Freepik.com)

Panduan Lengkap Menggunakan dan Membaca Oximeter Bagi Ibu Hamil, Lengkap dengan Tips Menjaga Saturasi Oksigen Tetap Stabil (FOTO: Freepik.com)

LABVIRAL.COM - Inilah panduan lengkap cara membaca oximeter bagi ibu hamil disertai dengan tips menjaga stabilnya saturasi oksigen.

Penting diketahui bahwa saturasi oksigen yang rendah dapat menjadi tanda awal kamu butuh penanganan medis. Maka, penting bagi ibu hamil untuk memastikan saturasi oksigen tetap stabil, yang bisa diukur melalui penggunaan pulse oximeter yang diletakkan pada jari.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), saturasi oksigen yang normal bagi orang dewasa dan anak-anak berada pada rentang 95-100 persen. Sedangkan saturasi oksigen pada ibu hamil seharusnya berada di atas 95 persen. Disarankan bagi ibu hamil untuk memeriksa saturasi oksigen secara berkala, sebanyak tiga kali dalam sehari untuk memastikan oksigen dalam tubuh tetap dalam kadar yang normal.

Berikut ini, Labviral.com memberikan beberapa tips untuk menjaga kadar oksigen pada ibu hamil agar tetap stabil dan sehat:

1. Pilih posisi tidur yang nyaman

Ketika usia kehamilan dan ukuran rahim makin meningkat, kapasitas paru-paru dapat berkurang. Oleh karena itu, ibu hamil disarankan untuk mencari posisi tidur yang nyaman, seperti tidur setengah duduk atau tidur miring ke kiri atau kanan. Posisi ini dapat membantu meningkatkan kapasitas dada dan menjaga stabilnya saturasi oksigen.

Baca Juga: Mengenal Keputihan Pada Ibu Hamil: Penyebab, Gejala dan Cara Pengobatannya

Panduan Lengkap Penggunaan dan Membaca Oximeter Bagi Ibu Hamil, Lengkap dengan Tips Menjaga Saturasi Oksigen Tetap Stabil (FOTO: Freepik.com)Panduan Lengkap Penggunaan dan Membaca Oximeter Bagi Ibu Hamil, Lengkap dengan Tips Menjaga Saturasi Oksigen Tetap Stabil (FOTO: Freepik.com)

2. Berolahraga ringan

Melakukan olahraga ringan dapat melatih paru-paru dan jantung agar bekerja lebih baik. Selain itu, olahraga juga dapat membantu menjaga saturasi oksigen. Tapi sebelum memulai olahraga, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter untuk mengetahui olahraga mana yang aman dilakukan bumil.

3. Cukupkan istirahat

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini