Meski Sebaiknya Jangan, Ini 6 Tips untuk Ibu Hamil yang Kepepet Harus Bawa Motor Sendiri

Annisa Fadhilah
Senin 18 September 2023, 21:16 WIB
Meski Sebaiknya Jangan, Ini 6 Tips Ibu Hamil yang Kepepet Harus Bawa Motor Sendiri (FOTO: Freepik)

Meski Sebaiknya Jangan, Ini 6 Tips Ibu Hamil yang Kepepet Harus Bawa Motor Sendiri (FOTO: Freepik)

LABVIRAL.COM - Banyak wanita merasa cemas dan takut untuk melakukan perjalanan saat hamil. Namun terkadang, karena berbagai kewajiban, kekhawatiran ini dapat diatasi. Bahkan, ada ibu hamil yang bersedia mengendarai sepeda motor demi memenuhi tuntutan tersebut.

Apakah Bunda termasuk salah satunya? Jika iya, Bunda tidak perlu khawatir berlebihan.

Secara prinsip, dokter tidak melarang ibu hamil naik sepeda motor. Namun, aktivitas ini harus dilakukan dengan persiapan matang agar kesehatan ibu hamil dan janin tetap terjaga.

Baca Juga: Helm Motor yang Pernah Jatuh, Masih Aman Nggak Sih Dipakai Harian?

Apa saja langkah-langkah yang perlu diambil untuk tetap aman dan nyaman saat naik sepeda motor selama hamil? Berikut Labviral.com berikan beberapa tips, diantaranya:

Memastikan kondisi kehamilan yang sehat

Pastikan bahwa kehamilan berlangsung dengan baik, baik bagi ibu maupun janin. Perhatikan juga adanya keluhan seperti nyeri perut, sakit punggung, pendarahan, kelelahan, pusing, kontraksi berulang atau keluarnya lendir dari vagina. Jika Bunda mengalami salah satu atau beberapa dari gejala ini, sebaiknya menunda untuk naik sepeda motor selama kehamilan.

Baca Juga: Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor Secara Online di Tahun 2023, Lebih Cepat dan Praktis!

Tanpa riwayat penyakit tertentu

Pastikan bahwa ibu hamil tidak memiliki riwayat penyakit yang dapat memperkuat komplikasi kehamilan, seperti plasenta previa atau plasenta yang menutupi leher rahim. Kondisi ini dapat meningkatkan risiko perdarahan.

Selain itu, ibu hamil juga harus bebas dari anemia, tekanan darah tinggi (hipertensi) dan tidak ada riwayat keguguran dalam kehamilan sebelumnya.

Menghindari berkendara pada trimester pertama dan ketiga

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini