Bunda Ayo Kenali Gerakan Tutup Mulut Bayi dan Solusinya!

Zahwa Elia Azzahra
Senin 20 Maret 2023, 19:57 WIB
Ilustrasi bayi GTM saat makan

Ilustrasi bayi GTM saat makan

LABVIRAL.COM - Perilaku Gerakan Tutup Mulut (GTM) pada anak biasanya terjadi pada rentang waktu pemberian Makanan Pendamping ASI (MPASI) yakni enam bulan sampai 2 tahun.

GTM adalah perilaku anak yang susah membuka mulut. Tak hanya anak susah buka mulut, anak juga menyembur makanan, bahkan melepehkan kembali makanan yang sudah masuk ke dalam mulutnya.

Dikutip dari laman Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), cara mencegah anak susah makan atau GTM dengan membuat feeding rules untuk anak.

Baca Juga: 7 Cara Menjadi Orang Kaya Lewat Jalur Sains

Feeding rules adalah aturan dasar pemberian makan yang benar di masa anak belum bisa makan sendiri atau masih perlu dibantu untuk makan.

Pemahaman menganai feeding rules tersebut masih sangat sulit dilakukan bagi sebagian besar orang tua di Indonesia. Sebagian besar orang tua cenderung membujuk,  menggendong bahkan memarahi anak supaya anak mau makan. Hal ini justru mengganggu konsentrasi makan anak.

Menurut rekomendasi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), ada tiga kunci penting membuat feeding rules yang perlu diketahui orang tua, antara lain:

Baca Juga: Simak Dasar Penerapan Metode MPASI BLW Buat Si Kecil

Menetapkan jadwal makan

Orang tua perlu membuat jadwal makanan utama dan makanan camilan yang teratur, dengan komposisi jadwal 3 kali makanan utama dan 2 kali camilan di antara waktu makan utama.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini