3 Tulisan Arab tentang Hadits Kebersihan Sebagian dari Iman

Hadi Mulyono
Senin 26 Juni 2023, 11:51 WIB
Hadits kebersihan sebagian dari iman. (Sumber : unsplash.com/Nathan Dumlao)

Hadits kebersihan sebagian dari iman. (Sumber : unsplash.com/Nathan Dumlao)

LABVIRAL.COM - Hadits kebersihan sebagian dari iman yang berbunyi النَّظَافَةُ مِنَ الْإيْمَانِ tentu sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia.

Kalimat mulia tersebut mengandung maksud bahwa sebagai muslim kita wajib menjaga kebersihan karena pada muaranya bisa meningkatkan keimanan kepada Allah Swt.

Akan tetapi, tahukah kamu bahwa terdapat beberapa hadits lain tentang kebersihan sebagian dari iman? Simak sampai habis artikel ini ya!

Baca Juga: 3 Hadits tentang Qadha dan Qadar Lengkap dengan Definisinya

1. Hadits Allah mencintai kebersihan

عَنْ صَالِحِ بْنِ أَبِي حَسَّانَ قَال سَمِعْتُ سَعِيدَ بْنَ الْمُسَيَّبِ يَقُولُ إِنَّ اللَّهَ طَيِّبٌ يُحِبُّ الطَّيِّبَ نَظِيفٌ يُحِبُّ النَّظَافَةَ كَرِيمٌ يُحِبُّ الْكَرَمَ جَوَادٌ يُحِبُّ الْجُودَ فَنَظِّفُوا

Dari Shalih bin Abu Hassan ia berkata, "Aku mendengar Said bin Al Musayyab berkata, 'Sesungguhnya Allah Maha Baik, dan menyukai kepada yang baik, Maha Bersih dan menyukai kepada yang bersih, Maha Pemurah, dan menyukai kemurahan, dan Maha Mulia dan menyukai kemuliaan, karena itu bersihkanlah diri kalian." (HR. Tirmidzi).

Baca Juga: 4 Hadits tentang Tetangga, Perintah Hidup Rukun Tanpa Pandang Agamanya

2. Bersuci adalah setengah dari iman

عَنْ أَبِي مَالِكٍ الْأَشْعَرِيِّ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الطُّهُورُ شَطْرُ الْإِيمَانِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ تَمْلَأُ الْمِيزَانَ وَسُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ تَمْلَآَنِ أَوْ تَمْلَأُ مَا بَيْنَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَالصَّلَاةُ نُورٌ وَالصَّدَقَةُ بُرْهَانٌ وَالصَّبْرُ ضِيَاءٌ وَالْقُرْآنُ حُجَّةٌ لَكَ أَوْ عَلَيْكَ كُلُّ النَّاسِ يَغْدُو فَبَايِعٌ نَفْسَهُ فَمُعْتِقُهَا أَوْ مُوبِقُهَا

Dari Abu Malik al-Asyari dia berkata, "Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda, 'Bersuci adalah setengah dari iman, alhamdulillah memenuhi timbangan, subhanallah dan alhamdulillah keduanya memenuhi, atau memenuhi ruang antara langit dan bumi, salat adalah cahaya, sedekah adalah petunjuk, kesabaran adalah sinar, dan Al-Qur'an adalah hujjah bagimu atau bumerang bagimu. Setiap manusia berangkat di pagi hari, maka ada yang menjual dirinya sehingga membebaskannya atau membinasakannya." (HR. Muslim).

Baca Juga: 4 Hadits tentang Pentingnya Berbagi Ilmu, Sampaikanlah Walau Sedikit

3. Kebersihan meningkatkan iman

قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ تَخَلَّلُوْا فَإِنَّهُ نَظَافَةٌ وَالنَّظَافَةُ تَدْعُوْ إِلَى الْإِيْمَانِ وَالْإِيْمَانُ مَعَ صَاحِبِهِ فِى الْجَنَّةِ (رواه الطبراني)

"Buanglah sisa-sisa makanan di gigimu, karena perbuatan itu adalah kebersihan, dan kebersihan itu akan mengajak (menggiring) kepada iman, dan iman itu akan bersama orang yang memilikinya dalam surga." (HR. At-Thabrani).

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini