Ternyata Makan Buah Malam Hari Tidak Disarankan Lho! Ini Alasannya

Zahwa Elia Azzahra
Sabtu 18 Maret 2023, 21:56 WIB
Ilustrasi, buah-buahan sehat

Ilustrasi, buah-buahan sehat

LABVIRAL.COM - Kandungan nutrisi pada buah sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Bahkan dipercaya dapat menurunkan berat badan. Namun, ada beberapa cara yang sering dilakukan banyak orang namun sebenarnya salah ketika mengonsumsi buah-buahan. Apa saja ya? 

Dr. Archana Batra, ahli gizi dan pendidik diabetes mengungkapkan banyak orang salah mengonsumsi buah yang memungkinkan dapat menyebabkan lebih banyak bahaya daripada manfaatnya. 

Berikut ini empat kesalahan umum yang banyak dilakukan orang ketika makan buah seperti dilansir dari laman timesofindia:

Baca Juga: Bahaya Minum Air Sambil Berdiri, Ini Cara yang Benar

1. Makan Buah di Malam Hari

Bagi kebanyakan wanita, mengkonsumsi buah di malam hari adalah cara yang tepat untuk menahan rasa lapar bagi mereka yang sedang diet. Tapi ternyata, makan buah pada malam hari juga ada aturannya. 

Disarankan waktu terbaik makan buah di malam hari yaitu pada dua sampai tiga jam sebelum tidur. Hal ini harus diperhatikan karena dapat mengganggu sistem pencernaan serta dapat meningkatkan energi tubuh yang seharusnya beristirahat.

Baca Juga: 5 Makanan Alami Ini Bisa Turunkan Kadar Asam Urat, Yuk Dilihat!

2. Segera Minum Air Putih

Minum air putih setelah makan buah dapat menyebabkan tingkat pH sistem pencernaan menjadi tidak seimbang, terutama mengonsumsi buah dengan kandungan air yang tinggi seperti semangka, melon, jeruk, dan stroberi. 

Hal itu disebabkan karena buah yang memiliki banyak air di dalamnya, dapat mengubah keseimbangan pH dengan mengurangi keasaman lambung. Para ahli juga memperingatkan bahwa hal itu dapat mengakibatkan penyakit serius seperti diarhoea atau kolera.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini