Pola Pengamanan Piala Dunia U-17 Layak Diterapkan di Liga 1 Indonesia

Haris Ma'ani
Kamis 23 November 2023, 09:01 WIB
Wakil Ketua Umum PSSI Ratu Tisha dan Duta Piala Dunia U-17 Radja Nainggolan menikmati suasana di stadion di salah satu pertandingan Piala Dunia U-17 2023. (Sumber : Media PSSI)

Wakil Ketua Umum PSSI Ratu Tisha dan Duta Piala Dunia U-17 Radja Nainggolan menikmati suasana di stadion di salah satu pertandingan Piala Dunia U-17 2023. (Sumber : Media PSSI)

LABVIRAL.COM-Pola pengamanan Piala Dunia U-17 2023 dianggap layak diterapkan untuk kompetisi Liga 1 Indonesia dan juga kompetisi kasta di bawahnya.

Kepala Biro Operasional (Karo Ops) Polda Jatim Kombespol Puji Santosa mengatakan, pengalaman pengamanan Piala Dunia U-17 membuatnya akan merekomendasikan untuk penerapan di Liga 1.

"Ini nantinya akan kami rekomendasikan ke LIB dan PSSI untuk diadopsi dalam pola pengamanan di Liga 1 dan 2," katanya.

Kota Surabaya telah rampung menggelar pertandingan Piala Dunia U-17 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo. Sebanyak empat hari pertandingan digelar, yakni tiga hari fase grup dan satu hari babak 16 besar.

Puji Santosa menyebut seluruh agenda Piala Dunia U-17 2023 yang digelar di Surabaya berjalan lancar. Tak ada kejadian yang mengganggu.

"Perhelatan yang luar biasa Piala Dunia U-17 di GBT selama 12 hari, seluruhnya aman lancar. Tidak ada laporan apapun. Tidak ada laporan tindak kriminal. Menurut kami pelaksanaan Piala Dunia di GBT berlangsung sukses dan aman,” kata Puji Santosa di Surabaya, Rabu (22/11/2023).

Polri sendiri sempat menyiapkan sekitar 350 personel anggota dari berbagai satuan kerja mendapat latihan khusus yang ditempatkan di area stadion selama hari pertandingan. Itu merupakan personel gabungan dari Brimob, reserse, hingga lalu lintas sebagai steward.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Panglima TNI Agus Subiyanto, dari Profil hingga Riwayat Jabatannya

Tak hanya Stadion GBT, pengamanan juga dilakukan termasuk venue yang digunakan sebagai tempat latihan, yakni Stadion Gelora 10 November 2023, Lapangan THOR, dan Lapangan A-C Kompleks Stadion GBT.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini