Jalur Kereta Api Bumiayu-Purwokerto Longsor, 12 Perjalanan Terganggu

Haris Ma'ani
Senin 04 Desember 2023, 12:50 WIB
Potret jalur kereta api tertutup tanah longsor di rute Bumiayu-Purwokerto, tepatnya di Desa Gununglurah, Kecamatan Cilongok, Banyumas, Senin (4/12/2023).  (Sumber : doc. WA Group)

Potret jalur kereta api tertutup tanah longsor di rute Bumiayu-Purwokerto, tepatnya di Desa Gununglurah, Kecamatan Cilongok, Banyumas, Senin (4/12/2023). (Sumber : doc. WA Group)

LABVIRAL.COM-Jalur kereta api rute Bumiayu-Purwokerto longsor, Senin (4/12/2023) pagi wib. Sebanyak 12 perjalanan KA menjadi terganggu.

Jalur yang tertutup longsor berada di wilayah RT 04/06 Desa Gununglurah, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Jalur kereta api yang terkena longsor itu sepanjang 20 meter, lebar 15 meter dengan ketebalan tanah 2 meter.

Jalur tersebut longsor karena hujan lebat yang melanda kawasan tersebut sejak Minggu (3/12/2023) malam sampai Senin pagi wib. Salah seorang warga, Rohim mengisahkan, pagi saat subuh mendengar suara bunyi gemuruh longsor.

Ia dan warga lain tak berani mencari sumber bunyi tersebut lantaran cuaca masih gelap. Barulah pada pagi harinya saat hendak ke kebun, ia mendapati ada longsor yang menutup jalur kereta api. "Ternyata benar ada longsor," katanya saat hendak ke kebun.

Baca Juga: Profil dan Biodata Kiki Fatmala, Meninggal Dunia Usai Berjuang Melawan Kanker
Baca Juga: Membongkar Siapa Dalang di Balik Bocornya Data KPU?

12 perjalanan terganggu

Akibat longsor yang menutup jalur tersebut, 12 perjalanan kereta api menjadi terganggu dan dialihkan ke lintas utara.

"Hingga saat ini 12 kereta api perjalanannya dialihkan ke lintas utara. Karena jalur harus dikasih semboyan 3. Artinya tidak bisa dilalui," kata Humas KAI Daop V Feni Saragih.

Fani menyampaikan permohonan maaf ke pelangggan atas terganggunya perjalanan karena karena ada jalur yang terdampak longsor.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini