Buka Prodi S1 Teknik Komputer, Unsoed Persiapkan Para Teknopreneurship

Haris Ma'ani
Selasa 27 Februari 2024, 10:14 WIB
Unsoed Purwokerto membuka prodi S1 Teknik Komputer. (Sumber : Humas Unsoed)

Unsoed Purwokerto membuka prodi S1 Teknik Komputer. (Sumber : Humas Unsoed)

LABVIRAL.COM-Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto membuka program studi S1 Teknik Komputer. Unsoed ingin berkontribusi mencetak teknopreneurship ke depannya.

Mohammad Irham Akbar, S.Kom., M.Cs, Koordinator Program Studi Teknik Komputer Unsoed, mengatakan, program studi baru tersebut memiliki fokus pada pengembangan keterampilan teknopreneurship.

"Diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang mampu berkontribusi secara aktif dalam industri teknologi,” ujarnya.

Irham menambahkan, untuk mempersiapkan mahasiswa dengan kemampuan yang dibutuhkan dalam menghadapi tantangan dunia industri yang semakin kompleks, penting adanya kolaborasi antara pemrograman berbasis software dengan pemrograman berbasis mikrokontroler dalam kurikulum Program Studi Teknik Komputer.

Baca Juga: Tahun Pemilihan, Ini Deretan Negara selain Indonesia yang Juga Adakan Pemilu pada 2024

Dalam hal model pembelajaran, Irham menyebut bahwa prodi ini akan menerapkan kurikulum berbasis outcome, yang menekankan pada penerapan konsep-konsep dasar sains untuk membangun pemahaman yang kuat dalam bidang teknik komputer.

Prodi di bawah Fakultas Teknik ini memberikan pilihan kepada calon mahasiswa. Fakultas Teknik sebelumnya telah memiliki Program Studi Teknik Informatika, namun adanya kebutuhan akan fokus yang lebih khusus terhadap hardware dan software mendorong terbentuknya program studi baru ini.

Pada Prodi S1 Teknik Komputer ini, dosen-dosen yang terlibat dalam prodi ini juga merupakan praktisi yang berpengalaman di industri, sehingga mahasiswa akan mendapatkan pengajaran yang relevan dengan kebutuhan pasar.

“Dengan adanya Program Studi Teknik Komputer ini, Unsoed menawarkan pilihan pendidikan yang komprehensif dan relevan dengan perkembangan industri teknologi saat ini. Diharapkan, program studi ini dapat menjadi salah satu penopang bagi kemajuan teknologi di Indonesia, terutama dalam menghadapi revolusi industri 4.0 yang sedang berlangsung,” tutupnya.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini